April 12, 2024

Raih Akreditasi Paripurna, Klinik Pratama Rutan Cipinang Jadi Daya Tarik Studi Tiru Lapas Perempuan Kelas IIA Tangerang

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com JAKARTA,– Usai mendapatkan Akreditasi Paripurna dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kini Poliklinik Rutan Kelas I Cipinang menjadi salah satu tempat untuk dilakukannya studi tiru bagi Klinik UPT Pemasyarakatan. Pada kesempatan ini, Rutan Kelas I Cipinang menerima kunjungan dari Lapas Perempuan Kelas IIA Tangerang dalam rangka studi tiru pencapain akreditasi paripurna serta dalam rangka penyelenggaraan layanan kesehatan bagi Tahanan dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (31/1).

Kunjungan yang dipimpin oleh Kalapas Perempuan Kelas IIA Tangerang, Prihartati beserta rombongan disambut baik oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali beserta jajaran yang kemudian diarahkan ke ruangan untuk berdiskusi dan sharing informasi tentang inovasi dan perubahan apa yang sudah di lakukan Poliklinik Rutan Kelas I Cipinang sehingga mendapatkan Akreditasi Paripurna dari Kementerian Kesehatan.

Kemudian rombongan Lapas Perempuan Kelas IIA Tangerang di ajak untuk melihat langsung ke area Poliklinik untuk meninjau fasilitas dan inovasi yang sudah dijalankan oleh Rutan Kelas I Cipinang. Setibanya di area Poliklinik, Rombongan Lapas Perempuan Kelas IIA Tangerang melakukan komunikasi tanya jawab dengan petugas atau dokter mengenai pelayanan kesahatan yang diberikan kepada warga binaan dimulai dari ruangan pendaftaran, poli umum, poli gigi, ruang inap, ruang obat, sampai diruangan laboratorium poliklinik.

Bukan hanya poliklinik saja yang mengalami perubahan, Rombongan Lapas Perempuan Kelas IIA Tangerang pun diajak berkeliling untuk melihat berbagai macam pelayanan yang berada di Rutan Kelas I Cipinang, seperti ruang layanan kunjungan dengan implementasi Aplikasi Senyaman, Ruang Belajar Santri, hingga melihat perubahan Dapur Sehati Rutan Cipinang.

Dalam kesempatan itu, Kalapas Perempuan Kelas IIA Tangerang Prihartati mengucapkan terima kasih atas penerimaan dari Rutan Cipinang dan kami memberikan apresiasi yang luar biasa terkait pelayanan dan inovasi yang ada Rutan Cipinang termasuk Poliklinik. “Saya sangat merekomendasi seluruh Kepala SatKer untuk mencontoh Dapur dan Poliklinik yang ada disini. Rutan Kelas I Cipinang dengan kapasitas 3000 lebih dapat melayani seluruh warga binaannya dengan baik, itu luar biasa, salut untuk Karutan beserta jajarannya,” ucapnya.

Lebih lanjut, “Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Lapas Perempuan Tangerang dapat mendapatkan pembelajaran dan mengadopsi serta meniru beberapa hal yang sudah dilakukan oleh Rutan Kelas I Cipinang yang nantinya dapat di contoh untuk perbaikan di Lapas Perempuan Kelas IIA Tangerang dan juga menjadi contoh bagi seluruh UPT lainnya,” ujar Prihartati.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali juga mengucapkan terimakasih atas kedatangannya dan jadikan moment kunjungan ini sebagai motivasi dan ajang belajar bersama untuk memberikan pelayanan terbaik baik bagi masyarakat dan Warga Binaan,” tandasnya. (Sodikin)