Juli 13, 2024

Libur Lebaran Makam Gus Dur Ramai di Kunjungi Peziarah

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Jombang Jatim – Masuki 4 hari pasca libur hari raya ‘Idhul Fitri 1444 H/2023 M, makam mantan presiden RI ke 4 KH. Abdurrahman Wahid yang terletak di Pondok Pedantren Tebu Ireng Jawa Timur ini masih ramai dikunjungi para peziarah.

Kebanyakan para peziarah berasal dari wilayah yang ada di sekitar Jawa Timur dan juga dari Kota lain. Mereka datang berkunjung mengisi hari raya libur lebaran mereka sekaligus memberikan penghormatan pada Gus Dur dengan melantunkan bacaan Alqur’an dan kalimat toyyibah lainnya di sekitar makam, Rabu (26/04).

Pimpinan Redaksi MAHARDHIKAnews.com yang kebetulan bisa ikut berziarah ke makam Gus Dur melihat bahwa, para peziarah yang datang tidak hanya dari orang dewasa dan kaum tua saja, tapi dari kalangan remaja dan anak anak juga banyak yang datang.
Kebanyakan mereka datng bersama orang tuanya masing-masing.

“Iya kita memang bawa anak-anak kita. Selain sebagai pengisi hari lebaran kita juga mengajarkan pada anak-anak kita untuk cinta dengan para pahlawan yang sudah meninggal” ujar Tarno salah satu peziarah yang datang dari daerah Tuban.

Anak-anak nampak sangat bersemangat mengikuti bacaan Al Qur’an dan dzikir secara bersama. Suara mereka memenuhi areal makam Gus Dur hingga tanpa terasa membuat suasan hikmat sangat terasa.

Setelah menyelesaikan prosesi ziarahnya, para peziarah banyak yang melakukan foto-foto bersama keluarga dan kerabatnya. Mereka datang berombongan dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun bus.

Selain makam Gus Dur, di komplek pemakaman ini juga ada makam kakek dan ayahnya Gus Dur yaitu KH. Hasyim Ashari dan KH. Wahid Hasyim serta kerabat dekat lainya. (Ivan)