Juli 19, 2024

Para Petualang Silahkan Datang ke Desa Wisata Kamlay Barat, Jamin Asyik !

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com KABUPATEN TANGERANG,

Oleh: Budi Usman

Penggiat Sosial dan Budaya

Di kawasan Kecamatan Teluknaga terdapat sejumlah desa wisata yang ternyata menyimpan banyak keunikan dan keragaman. Lokasinya yang berada di ujung Kabupaten Tangerang sebelah utara, tentu hal ini memberi nilai lebih bagi para penduduk di desa tersebut.

Salah satu destinasi yang dapat menarik para wisatawan lokal maupun turis asing untuk datang dan merasakan langsung keindahan suasana natural oksigen yang tentunya ditawarkan dari kearifan lokal desa wisata tersebut.

Kini dari semua desa terus berbenah mengembangkan potensi wisata desanya masing-masing. Seperti halnya desa Kampung Melayu barat yang saat ini sedang mengerjakan pembuatan wisata edukasi.

Dengan menyajikan pemandangan indah nan memukau di hamparan sawah hijau sehingga mampu memanjakan mata, berselfie ria dan swa foto dengan spot indah dan unik, menyediakan saung bale agar dapat berkumpul dengan keluarga tercinta, tidak lupa pula beragam menu makanan pilihan,

Tal hanya itu, dalam beberapa bulan ke depan juga akan ada Launching Desa Wisata MEWAH ISTIMEWA (MEpet SAwah-Istirahat Manjakan keluWArga) yang berlokasi sangat strategis. Tepatnya berada di pinggir kali Cisadane.
Jalan raya Gili Miring Desa Kp. Melayu Barat Kecamatan Teluknaga kabupaten Tangerang.

Dibawah kepemimpinan kepala Desa Subur Maryono, Camat Teluknaga Zamzam Manohara dan kepemimpinan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, wisata di Kampung Melayu terus berbenah.

Desa Wisata kampung Melayu Barat Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang berada tak jauh dari Bandara Soekarno Hatta dan secara geografis desa ini dilintasi sungai Cisadane. Meski terletak tak jauh dari pusat kota, desa Kampung Melayu barat ini memiliki kondisi alam yang alami dan asri.

Selain itu desa ini juga memiliki fasilitas dan aktivitas wisata beragam yang dapat dicicipi. Tak salah membuat desa ini jadi alternatif desa wisata yang termasuk ke dalam desa wisata Alam dan Edukasi.

Desa Wisata Alam dan Edukasi Kampung Melayu Barat adalah satu-satunya wisata berbasis masyarakat di kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang yang dikelola Pemerintah Desa kampung Melayu barat.

Hal ini didukung penuh pihak Kecamatan Teluknaga, Pemkab Tangerang serta Kontak wanita Tani atau KWT desa kampung Melayu barat dan support pengembang PIK 2

Karena letaknya tak jauh dari pusat kota, membuat tempat ini bakal jadi menarik dikunjungi.
Apa lagi di desa wisata ini juga telah direncanakan terdapat beragam fasilitas dan atraksi wisata yang menghibur.

Program wisata Full day Tour

Rencananya Desa Wisata Kampung Melayu Barat akan memanjakan traveler para pecinta Traveler. Mereka akan diajak untuk tur keliling Kampung Wisata. Traveler akan didampingi oleh pemandu untuk berpetualang menelusuri desa.

Para Traveler akan diajak untuk Junggle Track, yakni menyusuri kawasan pertanian dan persawahan nuansa asri pedesaan.
Dan di akhir perjalanan, mereka akan diajak untuk menaiki rakit tradisional guna menyusuri sungai Cisadane.

Pada akhirnya, Traveler akan menuju Camping Ground untuk merasakan aktivitas destinasi menarik seperti, kawasan pemancingan air tawar, pojok baca, ruang ramah anak terbuka hijau,konsul psikolog, swa foto sawah, destinasi kolecer dan atraksi memanah.

Setelah selesai aktivitas tersebut, traveler bisa berkunjung ke beberapa spot aktivitas home industri untuk melihat atau membeli oleh-oleh dari UKM khas Desa Kampung Melayu barat. Berbagai olahan seperti opak,dodol Betawi,ikan teri crispy, kembang goyang, keripik singkong, keripik pisang, hingga kacang sangrai juga ada di sini.

Fasilitas di tempat ini juga lengkap, tersedia area parkir, kamar mandi umum, musholla, hingga beberapa tempat makan lainnya. (Sp)