Mei 26, 2024

Pj Sekda Virgojanti: Pemprov Banten Giatkan Pengembangan Sektor Pariwisata

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com BANTEN, — Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten Virgojanti mengatakan, Pemerintah Provinsi Banten serius mengembangkan sektor pariwisata untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Provinsi Banten memiliki banyak potensi destinasi wisata unggulan.

“Tadi kita mengikuti kegiatan Sosialisasi Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Awards, jadi ini sosialisasi bagaimana Pemerintah Pusat memberikan apresiasi untuk seluruh Pemerintah Daerah baik itu Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang secara aktif menggalakkan dan mendorong daerahnya untuk mengembangkan kegiatan pariwisata,” ungkap Virgojanti usai mengikuti Sosialisasi Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi di Hotel Novotel, Kota Tangerang, Selasa (5/9/2023).

Dikatakan, dalam sosialisasi tersebut terdapat beberapa arahan dan paparan yang disampaikan, mulai dari penguatan event daerah, strategi penguatan pemasaran wisata daerah, akselerasi pariwisata untuk mendukung perekonomian Indonesia serta quality tourism hingga strategi penyusunan promosi pariwisata daerah.

“Yang menjadi catatan bagi kami bagaimana bahwa kita juga perlu serius untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di antaranya dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata ini,” katanya.

Sementara, Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo RM Manuhutu menyampaikan tujuan diselenggarakannya Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia mampu membangun awareness yang lebih kuat terhadap kebijakan BBWI.

“Diharapkan dengan terus mendorong BBWI ini dapat mengenalkan kepada masyarakat terkait potensi pariwisata yang dimiliki di Indonesia,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Al Hamidi menyampaikan untuk tahun 2023, pihaknya menargetkan setidaknya 70,1 juta wisatawan yang berwisata di Provinsi Banten.

“Berdasarkan data kami, pada saat harvesting gernas BBI dan BBWI Banten 2023 itu telah terdapat 38 juta kunjungan wisatawan ke Provinsi Banten. Kita berharap target tersebut dapat tercapai pada 31 Desember 2023,” katanya.

Sedangkan terkait dengan rencana induk pembangunan pariwisata Provinsi Banten, jelas Al Hamidi, Pemprov Banten terus melakukan penataan sejumlah destinasi yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

“Pada tahun 2022 ada 98 tempat objek wisata yang kita tata. Alhamdulillah kunjungan telah meningkat. Pada tahun ini terdapat 58 titik objek wisata,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Al Hamidi juga menuturkan untuk destinasi wisata di Provinsi Banten yang masih menjadi favorit bagi wisatawan, diantaranya wisata pantai dan wisata religi.

“Wisata pantai masih mendominasi dalam rangka untuk menarik kunjungan wisata di Provinsi Banten,” tandasnya. (Ngkong)