Mei 26, 2024

Memanfaatkan Barang Bekas Menjadi Bahan Berharga, SDN Pasar Baru 3 Siap Menuju Adiwiyata Nasional

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com KOTA TANGERANG,- Adiwiyata Nasional, adalah penghargaan diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada sekolah-sekolah yang telah meraih penghargaan Adiwiyata Tingkat Kabupaten/kota dan Adiwiyata Tingkat Propinsi.

Adapun penghargaan Adiwiyata tidak diberikan dalam rangka perlombaan, penghargaan ditujukan sebagai bentuk apresiasi karena sekolah mampu menerapkan program Adiwiyata dengan benar.

Melalui program dari kementerian LHK ini menjadi salah satu penanaman pemahaman kepada murid sekolah SDN pasar baru 3 memberikan edukasi Memanfaatkan Barang Bekas Menjadi Bahan Berharga.

SDN pasar baru 3 adalah salah satu sekolah yang berkomitmen dalam mengembangkan sekolah yang ramah lingkungan, dalam program Adiwiyata.

Sekolah SDN pasar baru 3 telah membuktikan diri aktif dalam berbagai kegiatan dengan mendorong penghijauan, membuat kolam ikan, penyediaan Ipal, westafel, ruang terbuka hijau ( RTH ), dan memanfaatkan limbah daun untuk pembuatan kompos buatan yang menjadi nilai ekonomis pada saat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni.

Kepala sekolah SDN pasar baru 3 Sobri Abdul Rozak, S.Pd menyampaikan bahwa SDN pasar baru 3 telah menerima penghargaan Adiwiyata dari pemerintahan kota Tangerang tahun 2020, dan juga telah menerima Adiwiyata Pemprov Banten tahun 2022, dan sekarang sedang mempersiapkan diri menuju Adiwiyata Nasional, Selasa 13/06/2023.

” SDN pasar baru 3 telah 2 kali menerima Adiwiyata pada tahun 2020 SDN pasar baru 3 dari Pemkot Tangerang, tahun 2022 dari Pemprov Banten, jadi sekarang kita sedang mempersiapkan diri up to level menuju Adiwiyata Nasional,” ujar nya.

Mengenal Profil SDN Pasar Baru 3

“SDN pasar baru 3 mempunyai 6 rombongan belajar, 371 siswa, 16 guru, 2 tenaga pelajar pendidik, 1 petugas kebersihan serta 1 petugas keamanan,” ujar Sobri.

“SDN pasar baru 3 juga didukung dengan berbagai fasilitas yang nyaman, sekolah juga di lengkapi kegiatan ekstrakurikuler bagi murid untuk melanjutkan potensi diri murid agar berprestasi dan membanggakan,” tutupnya.  (Jun)