April 19, 2024

Ketua FKM – NU KH. Kholid Ar-Rifai Bersama Kader, Ziarah Ke Makam Gus Dur

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Jawa Timur – Ketua Forum Kyai Muda Nahdlatul Ulama ( FKMN – NU ) KH Kholid Ar -Rifai laksanakan ziarah ke makam mabtan Presiden RI ke 4 KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) bersama kader FKM-NU Rabu malam (25/04/23).

Dalam kegiatan ini, KH. Kholid mengatakan bahwa berziarah merupakan salah satu bentuk takdzim kita bagi para guru atau orang yang telah berjasa dalam kehidupannya bagi kita semua

“Berziarah ketempat orang orang mulia adalah bagian dari cara santri berkhidmat kepada pqra auliya atau orang-orang soleh dalam kehidupannya yang telah memberi banyak manfaat dalam kehidupannya” ujar Ketua FKMNU.

Untuk melakukan ziarah, niatkan hanya untuk silaturahmi kepada orang orang baik. Niatkan untuk memberikan kebaikan termasuk kebaikan- kebaikan do’a kepada para Kiyai, para masyayikh dan ulama leluhur kita, ” ungkap Kiyai Kholid lagi

Kemudian lanjut KH Kholid menambahkan, “Kalau kader NU itu kepada yang sudah meninggal dunia saja bisa berkhidmat apalagi kepada yang masih hidup, tentu silaturahmi itu memang luar biasa manfaat nya.

Berdasarkan pantauan awak media yang ikut bersama rombongan, Dalam sehari semalam saja, yang datang berziarah ke makam Gus Dur tidak ada yang namanya berhenti. Mereka terus berdatangan, baik yang menggunakan kendaraan pribadi ataupun yang berombongan dengan bus – bus besar.

Semakin siang, para peziarah nampak semakin ramai, mereka databg beserta rombongan keluarga da anak-anaknya suasana pun menjadi semarak dengan suara anak-anak yang melantunkan kalimat toyyibah di sekitar makam Gus Dur.

“Ini terjadi bukan kebetulan tetapi memang beliau wali Gus Dur atau KH Abdurrahman Wahid adalah betul betul manusia pilihan dan memang pimpinan yang baik, Semoga kita yang datang ke tempat ini selalu diberikan kemurahan rezeki juga kelancaran ber ikhtiar, ” pungkas Kyai Kholid.

Sementara itu menurut Ustadz M. Irfansyah atau yang biasa dikenal dengan panggilan Ki Irfan Abatasa mengatakan, ketenangan bathin itu sangat terasa, tatkala kita berziarah ke makam para Kiyai juga para Masyayikh leluhur kita.

“Dengan mengunjungi atau berziarah ke makam para wali, semoga keberkahan dan kebaikan para auliya ini juga menyertai hidup kita” ujarnya

Lanjutnya lagi, Selain di Jawa Timur, rombongan FKMNU juga rencananya sambil melanjutkan perjalanan ke Jakarta akan lakukan ziarah ke Pekalongan dan ke Cirebon.

“Mohon do’a dan restunya ya, semoga semua lancar,” demikian singkatnya kepada media. (Cholik).