Juli 25, 2024

Baru Selesai Dibangun, Turap di Sisi Perumahan PBI Bocor Bikin Khawatir Warga

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com TANGERANG SELATAN – Warga Perumahan Puri Bintaro Indah (PBI) Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), khawatir dengan banjir susulan yang akan melanda permukiman mereka. Pasalnya, turap yang baru dibangun di sisi perumahan bocor.

Pantauan di lokasi, Senin (27/03/23) pukul 11.00 WIB hujan deras kembali mengguyur wilayah tersebut. Warga sekitar pun mulai bersiap mengantisipasi jika hujan deras berlangsung lama, hingga memicu banjir sebagaimana terjadi Minggu, (26/03) malam.

Air dari aliran kali di sisi Perumahan PBI masuk ke jalan perumahan akibat adanya pangkal dinding turap yang bocor.

“Ada kebocoran di belakang, pas tikungan, cukup deras juga itu kebocorannya. Baru itu titik bocor yang terpantau,” ungkap Ketua RT setempat, Darmanto ditemui di lokasi. Perumahan PBI kerap dilanda banjir jika hujan deras. Warga sebenarnya sempat merasa lega dengan peresmian pembangunan turap Kali PBI pada 2 Maret 2023 lalu.

Turap itu dibangun sepanjang 340 meter di sisi kanan dan 450 meter di sisi kiri kali. Dinding turap kali PBI dibuat meninggi sekira 2 meter hingga mampu membendung luapan permukaan kali saat hujan deras turun. Namun kemarin sore, air dari kali masuk melalui bocoran pada turap. Selain itu, penyebab lain adalah drainase yang tak berfungsi dengan baik akibat tersumbat sampah.

Warga berharap, kebocoran turap Kali PBI segera diperbaiki guna mencegah luapan air kali masuk ke perumahan.

“Semoga cepat bisa diperbaiki, takutnya yang bocor makin besar dan melebar. Apalagi cuaca mendung terus seperti ini, kita jadi merasa waswas selama belum tuntas diperbaiki,” ucap Sugeng. (Red)

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Senin, 27 Maret 2023 – 12:00 WIB oleh Hambali dengan judul “Turap Kali Bocor, Warga Perumahan PBI Ciputat Waswas Banjir Susulan”.