Juli 13, 2024

Tebat Rasau, Objek Wisata Eksotik di Bangka Belitung

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com – Tak hanya menyajikan keindahan alam pantainya, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga memiliki wisata sungai yang eksotik. Salah satunya yang bisa dikunjungi adalah Tebat Rasau.

Tebat Rasau merupakan wisata sungai yang berlokasi di Belitung Timur. Cukup berkendara selama 60 menit saja dari Tanjung Pandan, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan sungai tersebut.

Sajian alam yang alami dengan susana hening dan rindangan pepohonan rasau, sangat cocok dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga maupun teman. Seperti diketahui wisata Tebat Rasau ini juga sudah dinobatkan sebagai salah satu geosit yang diakui dunia, sebagai Belitong Unesco Global Geopark.

Di sini, pengunjung bakal disajikan keindahan alam yang sangat memukau, salah satu ciri khasnya adalah rerimbunan pohon Rasau. Menariknya lagi, ketika berwisata disini pengunjung akan dimanjakan dengan fasilitas yang memadai, seperti rumah kecil di tepi sungai yang bisa digunakan untuk memanjakan diri sembari menikmati suasana alam yang sejuk.

Jika Anda berminat datang ke objek wisata ini, sediakan baterai kamera yang cukup. Pasalnya banyak objek wisata di sekitar lokasi yang sayang jika dilewatkan.

“Tebat Rasau ini kalau diartikan ke bahasa Belitung menjadi bendungan air. Rasau adalah tumbuhan. Jadi bendungan air yang terbuat dari tumbuhan Rasau,” kata Nasidi ketua Komunitas Lanun Rasau, Kamis, (19/01).

Selain itu, salah seorang pengunjung mengatakan Tebat Rasau merupakan hal yang langka dan memiliki keindahan yang alami. Tidak ada di tempat lain hanya di Bangka Belitung.

“Mengapa saya berkunjung kesini, karena ini salah satu geosit atau tempat wisata yang ada di Belitung Timur yang jauh dari pemukiman warga. Sehingga bisa nyaman dan adem gitu karena mungkin kalau kita berkujung ke tempat wisata lain terlalu ramai, kalau di tempat ini kita dapat merasakan kenyamanan,” jelas Tri Kasih Munte.

Berjarak 50 Kilometer dari Bandara Internasional Hanandjoeddin Tanjung Pandan, Tebat Rasau layak dikunjungi saat berakhir pekan. Pengunjung dapat membayar secara sukarela untuk masuk ke lokasi wisata ini, sebab pengelola tidak mematok tarif khusus.