April 12, 2024

Majelis Dzikir dan Sholawat Seroja, Gelar Halal Bihalal sekaligus Pembukaan Pengajian Mingguan

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com TANGERANG SELATAN, – Majelis dzikir dan sholawat Seroja ( Sehat Jasmani dan Rohani ) yang di pimpin oleh KH. Irfan Zaini Abbas dan berlokasi di jalan Ibnu Ali, Pondok Karya Pondok Aren Tangsel, kembali buka pengajian rutin mingguan tiap malam Jum’at, Kamis (18/05).

Acara pembukaan di awali dengan dzikir dan pembacaan maulid Burdah. Di lanjutkan dengan tausiya agama oleh Kyai kharismatik KH. Husnul Aqib atau yang populer dengan panggilan kyai Nunu.

Dalam tausiyahnya, Kyai Nunu menjelaskan tentang makna Halal Bi Halal bagi masyarakat Indonesia.

“Halal Bi Halal adalah kearifan sosial yang diajarkan oleh para guru di Indonesia. Kebudayaan ini bisa jadi hanya ada di Indonesia karena di negara lain acara Halal Bi Halal ini tidak ada” urai Kyai Nunu.

Para guru kita mengajarkan bahwa hubungan kita tidak hanya harus baik dengan Allah dalam hal melaksanakan kewajiban dan menjauhkan larangan, tapi juga kepada sesama manusia.

“Selain saling mema’afkan, yang terpenting bagi kita adalah menyambungkan kembali silaturahmi yang terputus di antara kita” tambah kyai Nunu.

Dirinya menyarankan agar jama’ah bisa menyambung kembali silaturahmi yang sudah terputus karena permasalahan diantara sesama.

“Kadang kita dengan keluarga, tetangga ataupun kolega terputus silaturahmi kita karena adanya perbedaan. Meski tidak mudah tapi kita harus berusaha untuk bisa menyambungkan kembali silaturahmi tersebut” imbuh kyai Nunu.

Acara diakhiri dengan do’a bersama dan ramah tamah. (Ivan)