Juli 13, 2024

Viral !! .. Video Seorang Pria Mengusir Kasar Wartawan, Saat Hendak Meliput Airin Rachmy Diani

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Kabupaten Tangerang – Sebuah video yang mempertontonkan adegan seorang pria meminta sekumpulan wartawan untuk mundur berdurasi 0.27 menit menjadi viral di media online dan jagatmaya.

Entah apa sebabnya, pria itu meminta sekumpulan wartawan yang hendak meliput kehadiran Airin Rachmy Diani yang datang berkunjung ke wilayah RW 16 Kelurahan Sukabakti Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang ini, untuk mundur bahkan meninggalkan lokasi.

“Ayo mundur..mundur .” ujarnya dengan nada tinggi.

Dengan gaya bak jagoan, oknum tersebut juga meminta agar awak media yang hendak meliput tersebut mematuhi keinginannya.
Menurutnya, wartawan ditolak serta diusir olehnya, karena wartawan tidak masuk dalam undangan. Sabtu (04/02/2023).

Hal ini tentu tak di patuhi begitu saja oleh para awak media. Karena dalam melaksanakan tugasnya, pekerjaan mereka di lindungi oleh UU Pers nomor 40 Tahun 1999, dimana setiap orang/warga negara harus bisa dapat membantu /memberikan informasi, agar bisa dapat dipublikasikan.

Bahkan di dalam UU No 40 tahun 1999 ini, di atur pula bagi yang menghalang-halangi pekerjaan mereka dalam mendapatkan informasi, dapat dikenakan sangsi hukuman badan selama 2 tahun atau denda sebanyak 500 juta rupiah, sesuai pasal 4 ayat (2) dan (3) UU Pers no 40 tahun 1999 ini.

Salah satu awak media yang berada di lokasi menjelaskan bahwa kejadian tidak menyenangk ini bermula dari sikap arogan si pelaku pengusiran yang belakangan diketahui adalah oknum B mantan Ketua RW 17 Griya Karawaci.

“Dia sengaja tidak memberikan ruang atas kehadiran para awak media. Ia mengusir dengan emosi seolah-olah di acara ini tertutup untuk umum dan hanya para pejabat yang bisa hadir.

Dengan sikap sinis oknun mantan RW 017 ini mengarahkan awak media keluar area acara.

“Silahkan tunggu diluar saja, tempat ini khusus buat warga griya saja,” ucap oknum tersebut, mengusir awak media dengan sikap arogan agar menjauh dari acara.

Bahkan ketika salah seorang wartawan berkata bahwa perlakuannya itu terlalu kasar, Dianmalah berbalik dengan emosi seolah hendak memukul wartawan tersebut.

“Bapak terlalu kasar pak” kata seorang wartawan wanita seperti yang terlihat dan terdengar di video singkat tersebut. Bukannya sadar, oknum mantan RW 017 ini malah balik dengan beringas dan berusaha mendekati wartawan wanita tersebut.

“Apa ?!..kamu nantang…Kurang ajar kamu !!.. makinya dengan nada emosi.

Untung saja beberapa warga yang berada di dekatnya menahan dirinya, untuk
Menurutnya, wartawan ditolak serta diusir oleh oknum berinisial B yang belakangan diketahui mantan ketua RW 17, karena wartawan tidak masuk dalam undangan. Sabtu (04/02/2023). mendatangi wartawan hingga keadaan pun bisa diredam.

Di lokasi yang sama, Ketua RW 17 yang saat ini menjabat dan tidak mau di menyebutkan namanya mengatakan bahwa sebagai panitia penyelenggara acara menjelaskan bahwa kedatangan Ibu Airin yang merupakan bakal calon Gubernur Banten ini merupakan safari politik.

“Ini memang merupakan undangan warga Griya. Kita berharap akan ada bantuan yang diberikan oleh bakal calon Gubernur tersebut kedepannya untuk warga Griya Karawaci” ujarnya.

Lanjutnya lagi, Jujur saja, saya tidak mengetahui kalau ada warga saya yang mengusir wartawan.

“Nanti saya koordinasikan dengan beliau ya,” ucap Ketua RW 17 mengakhiri pembicaraan dengan para awak jurnalis. (red)