Juni 20, 2024

Polisi Lantik Ratusan Pelajar Patroli Keamanan Sekolah di Kota Tangerang, Berikut Penjelasan Kapolres

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Kota Tangerang –  Satlantas Polres Metro Tangerang Kota menggelar upacara pelantikan Patroli Keamanan Sekolah di ikuti 100 pelajar tingkat SMA dan SMK di Kota Tangerang, Kamis (26/1/2023).

Ratusan pelajar tersebut berasal dari 20 sekolah tingkat menengah atas dengan setiap sekolah diwakili oleh 5 pelajar.

Patroli Keamanan Sekolah atau dapat disingkat PKS merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang biasa ada di jenjang SMP maupun SMA.

Kapolres Metro Tangerang kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, Tugas anggota PKS adalah mengawasi atau memantau dari tindakan-tindakan negatif yang terjadi di sekolah untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak guru. Namun Patroli Keamanan Sekolah juga wajib mengetahui peraturan-peraturan kelalulintasan.

“Patroli keamanan sekolah ini dibentuk dalam rangka membantu tugas polisi di sekolah-sekolah,” katanya.

Zain berharap, PKS mampu memupuk dan melahirkan pelajar disiplin terkait tata tertib lalulintas baik di sekolah maupun di luar sekolah.

“Selain itu, PKS juga diharapkan mampu melakukan Antisipasi Anti Narkoba, Anti tawuran dan anti kekerasan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah,” paparnya.

Dalam pelantikan tersebut beberapa guru bidang kesiswaan dihadirkan untuk lebih dapat mengetahui dan memantau keberadaan anggota Patroli Keamanan Sekolah masing-masing.

Dengan demikian, di masa yang akan datang para pelajar akan menjadi generasi yang telah memiliki disiplin dan sopan santun berlalu lintas.

“Meski di lingkungan sekolah sudah ada guru, tenaga pendidik hingga satpam, keberadaan anggota Patroli Keamanan Sekolah ini juga sangat penting. PKS dapat membantu guru kesiswaan dalam menjalankan proses ketertiban di lingkungan sekolah,” tutup Zain. (Ngkong)