Juni 20, 2024

ZHM Gelar Peringatan Hari Lahir Syeikh Bahauddin Naqsyabandi dan ziarah Rambut Nabi, Masyarakat Antusias Hadir

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com TANGERANG SELATAN, – Zawiyah Haqqul Mubin ( ZHM ) sebagai salah satu tempat dzikir Tareqoh Naqsyabandiyah Haqqani di Tangerang Selatan, gelar peringatan hari lahir imam Tareqoh Syeikh Bahaudin Naqsyabandi, Senin (31/07) di Pendopo ZHM, Jalan Lelie Jombang Tangerang Selatan.

Acara yang dilangsungkan dari selepas waktu sholat Maghrib dan berakhir hingga jam 00.00 WIB ini ramai dihadiri warga masyarakat. Mereka nampak sangat antusias datang, hal ini bisa jadi karena selain peringatan hari lahir Syeikh Bahauddin Naqsyabandi, ZHM juga mengadakan ziarah rambut Rasul SAW.

Ziarah rambut Rasulullah SAW memang selalu menarik minat warga masyarakat untuk mengikutinya. Karena menurut kalam ulama, menziarahi salah satu dari anggota tubuh Rasulullah, dalam hal ini meski hanya sehelai rambut, maka sama saja dengan menziarahi Rasulullah SAW secara langsung.

“Kita tabarukan dengan Rasullah, semoga dengan ziarah rambut ini kita semua, khususnya keluarga saya mendapat keselamatan dunia dan akherat, dan mendapatkan syafaat Rasulullah nanti di hari kiamat” ujar salah satu peserta ziarah rambut dari daerah Depok.

Dengan di iringi pembacaan sholawat nabi, satu persatu jama’ah yang hadir berdiri tertib guna mengantri agar dapat mencium rambut Rasulullh SAW.

Dimulai dengan kaum pria dan dilanjutkan dengan kaum wanita, mereka menempelkan rambut Rasul yang di lapisi oleh selubung kaca dan menciumnya dengan penuh kasih dan cinta. Mereka juga menempelkan rambut tersebut ke kedua kelopak matanya dan keningnya.

Sebagian peserta nampak meneteskan air mata penuh haru saat melakukan ritual ini. Mereka nampak begitu bahagia dan senang karena bisa mencium rambut Rasulullah.

“Nyaman rasanya. Saya merasa sangat bahagia dan terharu hingga tak terasa air mata ini menetes begitu saja” ujar Herman, yang mengikuti acara ini.

Sebelum acara ziarah rambut Rasul, dilaksanakan terlebih dahulu santunan bagi anak yatim dan pembacaan dzikir khatam khawajagan sebagai dzikir khas Tareqoh Naqsyabandi Haqqani, yang di pimpin oleh Syeikh Wahyudi.

Acara juga dimeriahkan dengan tarian sufi dan lantunan sholawat oleh tim hadroh Sabilal Muhtadin pimpinan Ustadz Adip Mujab dan tausiyah agama. ( Red )