Juli 19, 2024

Catur Putri Raih Emas Pertama Provinsi Banten di Pornas Korpri Ke-XVI

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com BANTEN, – Cabang Olahraga (Cabor) Catur perorangan putri kontingen Provinsi Banten Diyah Rahmawati berhasil menyabet emas pada babak final Catur standar pada Pornas Korpri Ke-XVI 2023 yang berlangsung di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/7/2023).

Diyah berhasil menyabet emas setelah unggul poin dari lawannya Neneng Gina Syada kontingen (BPJS) Kesehatan Republik Indonesia. Sampai akhir pertandingan, posisi Diyah masih di klasemen paling atas dengan 6 poin, sedangkan Neneng hanya mempunyai 4,5 poin.

“Poin saya masih yang paling tinggi. Tapi saya tetap berhati-hati dan waspada ketika bermain,” kata Diyah seusai pertandingan, Senin (17/7/2023).

Diyah mengungkapkan, meski poin lawannya masih di bawah dirinya, namun pertandingan final itu cukup menegangkan. Apalagi dirinya sempat melakukan kesalahan sehingga membuat kehilangan satu pion pada momen menjelang habis waktu.

Bidakan anak catur Diyah juga sempat akan mendapatkan perwira, namun karena waktu yang tersisa sedikit lagi, sementara fokusnya buyar akhirnya apa saja ia jalankan, tapi ternyata salah. “Padahal ada yang lebih bagus,” katanya.

“Sempat saya berfikir akan kalah. Tapi saya terus berusaha keras untuk mendapatkan pion lagi, dan akhirnya dapat,” ujarnya.

Atas kerja keras itu, Diyah akhirnya
draw dengan point setengah sehingga secara akumulasi mendapat point tertinggi dan berhak mendapatkan emas pertama dari seluruh Cabor yang diikuti oleh Kontingen Provinsi Banten.

“Sekarang sedang persiapan untuk kembali bertanding pada catur kilat dan mix,” ungkapnya.

Sementara itu, Manager Cabor Catur Kontingen Provinsi Banten Beni Ismail menyampaikan, Cabor catur ini merupakan Kontingen pertama dari Provinsi Banten yang berhasil meraih emas. Sehingga Beni berharap keberhasilan tersebut mampu menjadi motivasi bagi kontingen Provinsi Banten di Cabor lain.

“Alhamdulillah untuk nomor catur putri mendapatkan medali emas dan ini yang jadi motivasi untuk Cabor lain,” ungkap Manager Catur Beni Ismail.

Beni menambahkan, dengan kemenangan ini akan dijadikan bekal untuk kedepannya agar bisa lebih menggali potensi putra-putri daerah yang memiliki potensi mampu mengharumkan Provinsi Banten.

“Jadi tidak hanya mengejar juara. Kita juga berusaha mengharumkan nama Banten melalui prestasi dengan menjunjung sportivitas yang tinggi,” tandasnya. (Ivan)