Juni 20, 2024

PMI Galang Donasi Untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Jakarta — Palang Merah Indonesia (PMI) membuka donasi untuk korban gempa di Turki dan Suriah, Jumat, 10 Februari 2023. Ribuan pengungsi di Turki dan Suriah tengah membutuhkan sejumlah kebutuhan mendesak untuk bertahan dari dampak gempa beberapa waktu lalu. Donasi dari masyarakat di tanah air akan disalurkan PMI melalui Bulan Sabit Merah Turki dan Bulan Sabit Merah Arab Suriah.

Lembaga bantuan kemanusiaan internasional, IFRC telah merilis daftar kebutuhan mendesak untuk penyintas gempa di Turki dan Suriah. PMI beriinisiatif menghimpun dana untuk memenuhi sejumlah kebutuhan mendesak tersebut.

“Saat ini Turki dan Suriah tengah dilanda musim dingin, kebutuhan seperti selimut, bahan pangan, dan tenda keluarga adalah kebutuhan yang paling mendesak. Uluran tangan masyarakat Indonesia akan sangat meringankan penderitaan saudara-saudara kita di sana,” jelas A. M. Fachir, Sekretaris Jenderal PMI di Markas Pusat PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Masyarakat dapat menyalurkan donasi untuk Turki dan Suriah ke rekening PMI yang telah didaftarkan secara resmi. Nomor rekening tersebut yakni:

Bank Mandiri
070-00-001 1601-7 atas nama Palang Merah Indonesia
swift code: BMRIIDJA

Bank BCA
206-300668-8 atas nama Kantor Pusat PMI
swift code: CENAIDJA

Bank BRI 0390-01-000030-30-3 atas nama Palang Merah Indonesia
swift code: BRINIDJA

Masyarakat yang akan menyalurkan donasinya diimbau agar berhati-hati dengan penggalangan dana tidak resmi yang mengatasnamakan PMI.

Sebelumnya, PMI mengirimkan uang sejumlah 100 ribu US dollar untuk korban terdampak gempa di Turki dan Suriah. PMI juga tengah menyiapkan tim kesehahatan darurat yang akan ikut serta dengan tim gabungan Pemerintah.

“Sesuai arahan Ketum (Jusuf Kalla), kami menyiagakan bantuan lainnya bila mana memungkinkan. Sebagai organisasi kemanusiaan dengan jejaring internasional, PMI telribat aktif dalam pelayanan humanutarian global,” jelas Fachir. (Ngkong/rls)