April 12, 2024

Gini Respon Cepat Kogabwilhan III, Setelah Penembakan Pesawat Wings Air di Bandara Nop Goliat

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com JAKARTA, – Pesawat maskapai Wings Air Type ATR 72-600 PK-WJT yang mendarat di Bandara Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, menjadi sasaran penembakan oleh Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) wilayah Yahukimo, Sabtu (17/2/2024).

Penembakan Pesawat dengan Capten Pilot Rivaldy Putrasena dan Co Pilot Rano Avianto tersebut terjadi sekira pukul 13.45 WIT. Pesawat tertembak pada Body sebelah Kiri belakang tembus Cabin Belakang Penumpang pada Seat 19A, tak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam insiden tersebut.

Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard T.H Tampubolon, S.H., M.M., memerintahkan Kaskogabwilhan III Marsda TNI Deni Hasoloan Simanjuntak beserta staf untuk mengambil langkah cepat terhadap insiden tersebut, Asintel Brigjen TNI Nasrulloh Nasution berkomunikasi dengan Capten Pilot pesawat dan melakukan upaya pengamanan lainnya.

“Kami telah berkomunikasi dengan Capten Pilot untuk memberikan rasa aman, kita pastikan keamanan pilot dan pesawat selama di Bandara Dekai Yahukimo maupun saat pesawat akan take off dari Bandara Dekai menuju bandara Timika, pengamanan pesawat dan awaknya dengan mengerahkan Satgas Marinir, Satgas Kopasgat, Kodim 1715/ Yahukimo dan Polres Yahukimo di Bandara Nop Goliat Yahukimo Dekai.

Asops Brigjen TNI Aulia menyampaikan Aparat TNI Polri juga melakukan pengejaran dan penyisiran ke sekitar wilayah Sungai Braza yg diduga sebagai lokasi penembakan pesawat tersebut.

“Saat ini pesawat Wings Air PK-JWT telah mendarat di bandara Timika dengan aman dan disambut oleh Dansatgasud Letkol Pnb Hery dan Danlanud Yku Letkol Pnb Kamto Adi” ujarnya

“Kita bersyukur tidak ada korban jiwa pada insiden tersebut, kondisi pilot dan penumpang dalam keadaan selamat, serta berharap masyarakat tenang dan situasi keamanan tetap kondusif” terang Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi IG Nyoman Suriastawa menambahkan. (Ivan)