Juli 12, 2024

Kampung Talas Binaan Polres Metro Tangerang Kota Raih Penghargaan Kampung Iklim dari KLHK

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com KOTA TANGERANG, – Kampung Talas RW 04 yang terletak di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam program kampung Iklim Katagori Utama.

Kampung Talas merupakan singkatan dari Kampung Taat Lalu Lintas (Talas), yang diinisiasi oleh Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya. Kampung Talas selalu mendapat berbagai penghargaan dan percontohan kehidupan bermasyarakat di kota Tangerang.

Ketua RW 04 merupakan Kanit Tuljawali Satlantas Polres Metro Tangerang Kota, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Subari, menerima langsung piagam penghargaan Menteri KLHK Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc. dan uang pembinaan sebesar Rp 8juta dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sebagai bentuk apresiasi.

Penyerahan hadiah uang pembinaan dan piagam tersebut berlangsung di pusat pemerintahan kota (Puspemkot) Tangerang saat apel pagi, Senin (6/11/2023). Disampaikan oleh Wakil Wali Kota Tangerang Tangerang, H. Sachrudin.

Wakil Wali Kota, Sachrudin mengatakan penghargaan dan pembinaan diberikan kepada kampung-kampung yang telah berpartisipasi aktif melakukan mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim atau cuaca yang terjadi di Indonesia, Kota Tangerang pada khususnya.

“Apapun kondisi iklim yang terjadi, kampung Iklim ini dapat menciptakan suasana yang aman, nyaman dan tenteram, Mereka dapat menikmati adaptasi itu,” kata Sachrudin.

Wakil berharap kampung Iklim ini dapat menjadi contoh dan memberikan edukasi bagi kampung-kampung lainnya yang ada di Kota Tangerang. Dimana hasil dari program kampung Iklim tersebut dapat dinikmati serta dirasakan oleh masyarakat di lingkungannya masing-masing.

“Poin penilaian kampung Iklim ini ada katagori Utama dan katagori Madya,” ujar Sachrudin.

Diketahui, lokasi Kampung Talas RW 04 terletak tidak jauh dari Sungai Cisadane, dulunya merupakan perkampungan kumuh. Namun, sekarang telah berubah menjadi kampung yang selalu menerapkan pola bersih hidup dan sehat serta dinilai mampu beradaptasi dengan kondisi iklim apapun.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho sangat mengapresiasi berbagai penghargaan dan kegiatan yang ada di kampung talas. Ia pun mengatakan, inovasi-inovasi itu dapat dilakukan oleh siapapun di lingkungan. Termasuk Polisi RW maupun bhabinkamtibmas.

Dirinya berharap setiap anggota kepolisian yang berada di lingkungan dan dipercaya masyarakat menjadi pemimpin RT maupun RW dapat menjadi contoh bagi masyarakat itu sendiri, menciptakan rasa aman, nyaman dan kondusif di wilayah.

“Sebagai pengayom, pelindung dan pelayan. Kita (polisi) dapat berkolaborasi bersama masyakarat dan pemerintah bagaimana membangun budaya hidup aman, nyaman dan tentram. Dalam kondisi apapun, termasuk perubahan iklim saat ini, selamat untuk kampung talas RW 04,” tutur Zain. (Ivan)