April 13, 2024

Rutan Cipinang, Tim Hope Yayasan Mahanaim Mulia Indonesia dan Klinik Air Hidup Berikan Pengobatan Gratis Narapidana

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com JAKARTA, — Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta bekerjasama dengan Tim Hope Yayasan Mahanaim Mulia Indonesia dan Klinik Air Hidup melaksanakan kegiatan bakti sosial pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, di Gazebo Rutan Cipinang, Kamis (26/10).

Pemeriksaan yang diikuti sebanyak 200 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ini meliputi pemeriksaan tensi, konsultasi dokter hingga penyediaan obat yang dibutuhkan. Tidak hanya Warga Binaan, petugas pun ikut memeriksa kondisi kesehatannya guna melakukan pencegahan dari berbagai macam penyakit.

Kepala Rutan Kelas I Cipinang yang diwakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Cipinang, Alif Akbar Yusuf menyampaikan bahwa Tim HOPE Yayasan Mahanaim Mulia Indonesia adalah salah satu Yayasan yang dengan setia mendampingi kegiatan pelayanan di Rutan Kelas I Cipinang.

Yayasan Mahanaim membantu kegiatan pelayanan rutan dalam pembinaan kesehatan mental bagi warga binaan melalui subseksi Bantuan Hukum Pelayanan Tahanan; dimana Yayasan mahanaim dengan rutin memberikan konseling bagi tahanan baru yang diterimakan oleh rutan kelas I cipinang.

“Selain membantu kegiatan di subseksi Bantuan Hukum Pelayanan Tahanan, Yayasan mahanaim juga mendampingi subseksi administrasi perawatan khususnya dalam program layanan rehabilitasi medis, dengan kegiatan penguatan dan konseling kesehatan jiwa bagi seluruh peserta rehabilitasi medis,” tambahnya.

Dalam kesempatan kali ini, seturut dengan gelora perayaan hari kesehatan jiwa sedunia yang dirayakan setiap tanggal 10 Oktober dengan semangat sumpah pemuda pada 28 Oktober nanti, Yayasan mahanaim memiliki kerinduan untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih dari biasanya yaitu melalui layanan pengobatan gratis bagi Warga Binaan Rutan Kelas I Cipinang dan membawa tim dokter beserta kelengkapan obat-obatan yang akan diberikan kepada 200 orang warga binaan.

“Dengan kegiatan ini kami sangat bersyukur terlaksananya kegiatan pengobatan gratis bagi warga binaan, sehingga sedikit banyak dapat meringankan beban kami dalam memberikan pengobatan dan perawatan yang layak bagi mereka. Kiranya kegiatan ini dapat berkesinambungan, tidak terputus hanya sampai hari ini saja. Marilah kita tetap saling mendukung guna kemajuan kemanusiaan,” tuturnya.  (Sodikin)