Mei 26, 2024

Pipas Rutan Cipinang Ikut Seminar Motivasi Family Support Untuk Petugas Pemasyarakatan

Spread the love

MAHARDHIKAnews.Id, JAKARTA, – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2023, Paguyuban Ibu-ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta mengikuti giat Seminar Motivasi Family Support bagi Petugas Pemasyarakatan dengan tema “Orang Tua Bahagia, Anak Ceria” via zoom, Selasa (18/7).

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Bangsa Indonesia terhadap Anak supaya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dalam bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa. Selain itu, seminar ini juga bertujuan untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada Petugas Pemasyarakatan dalam menjalankan tugasnya.

Seminar ini dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard SP Silitonga pada yang terpusat di Graha Bhakti Pemasyarakatan Lt. 6 Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. “Kita sebagai keluarga harus menjadi support system nomor satu untuk anak-anak kita semua, jangan sampai mereka terlepas dari pengawasan kita.” ucap Reynhard.

Materi pada seminar ini disampaikan oleh dr. Aisah Dahlan. “Jadilah orang tua yang mudah berkomunikasi terhadap anak, apabila ayah/ibu tidak dapat berbicara, pastikan peran orang tua yang satu dapat menggantikannya. Supaya anak selalu dapat mengungkapkan ekspresi dan emosinya.” ujar Aisah.

Seminar ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi Petugas Pemasyarakatan Rutan CIpinang dan juga keluarga mereka. Dengan adanya dukungan dan motivasi dari keluarga, diharapkan kinerja petugas pemasyarakatan dapat lebih optimal dan terjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan keluarga. ( Sodikin )