Juli 13, 2024

Warga Kavling Kinayungan 105 Antusias Laksanakan Pemotongan Hewan Qurban

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com TANGERANG SELATAN, – Warga Kavling Kinayungan 105 Pondok Kacang Barat Pondok Aren Tangsel, nampak antusias laksanakan pemotongan hewan Qurban. Mereka tumpah ruah mendatangi areal sekitar masjid Al Muiz, tempat dilaksanakannya pemotongan hewan Qur’ban.

Selain orang tua sebagai panitia Qurban, banyak juga anak – anak dan remaja, yang hendak menyaksikan acara pemotongan hewan Qurban tersebut, Kamis (29/06)

“Kalau yang sudah terdaftar ada 5 ekor sapi dan 25 ekor kambing, tapi untuk kambing sepertinya akan ada penambahan” terang Samsul Hadi selaku ketua panitia hari raya Idhul Adha 10 Dzulhijah 1444 H masjid Al Muiz, di tengah acara pemotongan hewan pada awak media.

Dari hewan Qurban yang ada, pihak panitia berencana akan membuat sebanyak 480 kantong daging, yang akan dibagikan pada warga yang berhak.

Hewan – hewan Qurban tersebut sebagian besar berasal dari pemberian warga yang hendak melaksanakan ibadah Qurban di tahun ini.

“Mayoritas dari warga kita ya, tapi ada juga beberapa ekor dari luar warga kavling. Semuanya kita perlakukan sama, kita hanya mintakan biaya operasionalnya saja” imbuh Samsul.

Pelaksanaan pemotongan hewan Qurban dilaksanakan secara swadaya oleh warga kavling. Mereka bergotong royong membagi tugas untuk mensukseskan acara ini.

Meski terkesan ramai, namun pelaksanaan pemotongan hewan ini berjalan tertib dan lancar. Masing – masing tim panitia Qurban nampak profesional dalam melaksanakan tugasnya.

Begitu pun dengan tempat mereka bekerja. Dari tempat pemotongan, pengulitan, pencacahan hingga penimbangan dan pendistribusian daging. Semuanya nampak sudah disiapkan hingga pekerjaan jadi mudah dilaksanakan.

Samsul Hadi menambahkan bahwa selain menerima hewan Qurban, Masjid Al Muiz juga meneriama sumbangan biaya operasional pemotongan hewan Qurban dari Universitas Budi Luhur Tangerang.

“Alhamdulillah, untuk tahun ini kita dapat sumbangan sebesar Rp 5 juta dari kampus Budi Luhur untuk bantu biaya operasional. Hal ini tentu saja sangat membantu kami dalam melaksanakan kegiatan ini” tutup Samsul.

Nampak hadir dan mengomandoi acara pemotongan ini, Ketua RW 09 Kavling Kinayungan 105 Suratman. Para Ketua RT dari RT 01 sampai dengan RT 05, serta para tokoh masyarakat dan agama, seperti Cipto Susarwo, Ustadz Amrun selaku Ketua DKM Masjid Al Muiz dan anggota DKM lainnya. (ivan)