April 13, 2024

10 Peti Jenazah Diterima Gereja Santa Maria Immakulata dari Pemuda Batak Bersatu Jakbar

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com JAKARTA – Dalam rangka menyambut Paskah 2023, ormas Pemuda Batak Bersatu (PBB) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) bersama Pimpinan Anak Cabang (PAC) Se-Jakarta Barat menggelar aksi nyata dengan berdonasi atau menyumbang 10 peti jenazah kepada Gereja Santa Maria Immakulata (SMI) yang beralamat di Citra Garden 3, Blok B 27, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (4/4/2023).

Ketua PBB Jakarta Barat Ronal Sihotang, SH., MH, mengungkapkan aksi nyata ini merupakan salah satu giat sosial menyambut Paskah tahun ini bagi ormas yang terbentuk pada tahun 2019 itu.

“Donasi peti jenazah ini berasal dari para donator yang mendonasikan rejekinya melalui Pemuda Batak Bersatu Jakarta Barat untuk kami salurkan kembali kepada warga atau masyarakat yang membutuhkan,” kata Ronal yang juga seorang pengacara itu.

Sesuai arahan Ketua Umum Pemuda Batak Bersatu Lambok F. Sihombing, S,Pd bahwa organisasi ini dibentuk dengan ‘roh’ kegiatan sosial, oleh sebab itu, melalui aksi nyata donasi peti jenazah kepada Gereja Santa Maria Immakulata ini merupakan salah satu bentuk sosial organisasi kepada masyarakat.

Ronal menambahkan ormas Pemuda Batak Bersatu Jakarta Barat melalui Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kalideres juga kerap melakukan giat sosial di Gereja Santa Maria Immakulata ini tentu setelah sebelumnya berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait dan pihak gereja seperti pengawalan beribadah di hari-hari besar keagamaan, Hari Natal dan Tahun Baru.

“Rekan juang kami sudah sering melakukan giat sosial di gereja ini tentu sebelumnya setelah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan gereja seperti pengawalan beribadah di hari-hari besar keagamaan,” kata Ronal menambahkan.

Ronal berharap donasi ini dapat membantu jemaat yang membutuhkan mendapatkan peti jenazah.

Di momen Paskah yang tinggal beberapa hari lagi dirayakan umat Katolik di seluruh dunia, Ronal mengajak agar melalui aksi nyata sosial Pemuda Batak Bersatu Jakarta Barat ini dan juga melalui tema Paskah 2023 KWI, di tengah rasa takut yang dialami semua manusia, Tuhan selalu hadir untuk meneguhkan kembali Iman kita dan kembali mengingat banyak karya ajaib yang Tuhan sudah lakukan.

Seperti yang kita ketahui, Paskah adalah peristiwa kebangkitan atau kemenangan Kristus akan maut.

Peristiwa Paskah sesungguhnya membebaskan manusia dari segala ketakutan, kekuatiran dan frustasi sebab maut sudah dikalahkan.

Ronal mengatakan, selain donasi di Gereja Katolik ini, pihaknya juga dalam waktu dekat akan berbagi seribuan takjil yang merupakan bagian dari kegiatan sosial ormas yang sudah terbentuk di 27 DPD tingkat provinsi di Indonesia dan 4 DPD Luar Negeri.

Romo Denny Haloho, OMI yang menerima langsung donasi peti jenazah mengucapkan banyak terima kasih kepada Ormas Pemuda Batak Bersatu yang mempunyai kepedulian dan mau membangun persaudaraan.

“Pemberian ini akan sangat membantu saudara-saudara kita yang dalam kedukaan yang mempunyai keterbatasan,” kata Romo kelahiran Kalimantan Utara itu.

“Di dalam keterbatasan ekonomi maka hal-hal tertentu menjadi tidak lebih mudah, maka kepedulian dari PBB adalah tindakan nyata kita sebagai saudara, yang mau menolong dan mau peduli,” ujar Romo Denny yang telah 6 tahun melayani di Gereja Santa Maria Immakulata.

Menurut Romo Denny,  Paskah adalah perayaan Yesus yang bangkit dan menyelamatkan manusia.

KebangkitanNya, pengorbananNya adalah pengobanan yang tidak pernah sia-sia.

“Pemberian sepuluh peti, yang diberikan  Pemuda Batak Bersatu Jakarta Barat adalah semangat yang sama dengan pengobanan Yesus, adalah pengorbanan yang tidak sia-sia,” tutup Romo Denny.

Selain Romo Denny, ikut juga menerima langsung donasi peti jenazah Sabiden Sinambela dari Dewan Paroki serta Yosef Hong selaku Ketua Santo Yusuf Gereja Santa Maria Immakulata. (Jun)