Juni 20, 2024

Masjid Nurul Iman Kunciran Mas Permai Berikan Pelatihan Manajemen Pemuliaan Jenazah

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Kota Tangerang – Unit Pendidikan Yayasan Pembinaan Umat Islam (YPUI) Bersama Segenap Pengurus dan DKM Masjid Nurul Iman, Komplek Kunciran Mas Permai, Jl Balita Pinang Kunciran Tangerang, mengadakan Kuliah Umum Manajemen Kematian bersama KPJ Institute, Sabtu (01/04/23).

Road Show Komunitas Pemulia Jenazah (KPJ) Institute, Mesjid Raya Pondok Indah kembali hadir untuk umat, dan kali ini hadir di Mesjid Nurul Iman Kunciran Mas Permai, Pinang Kota Tangerang.

“Semoga para jama’ah dan para tamu undangan yang hadir, bisa mengambil seluruh ilmu yang diberikan oleh nara sumber untuk selanjutnya bisa menjadi pemulia jenazah,” Harap Wisnu Prihartono selaku Ka Unit Pendidikan Yayasan.

Kemudian lanjut Wisnu menambahkan, “Kami harapkan para hadirin jama’ah sekalian bisa menyerap seluruh materi kegiatan pemuliaan jenazah, Manajemen Kematian pagi hari ini dan tentunya juga kami sangat bersyukur karena bisa diberikan kesempatan bersama sama mempelajari pengurusan jenazah yang sesuai dengan tuntunan syari’at Nabi Besar Muhammad SAW.

“Terimakasih dan sekaligus mohon maaf kepada jama’ah semuanya, atas segala keterbatasan persiapan, apabila ada yang kurang berkenan dan dirasa banyak kurang persiapan sarana dan prasarana nya mohon untuk dimaklumi, “Pungkasnya.

Narasumber utama Dr. (HC) Rusmono Hy,S.Pd. I. mengatakan, “Semoga Allah SWT permudahkan niat kita dan semua hadirin, untuk menjalankan kewajiban menuntut ilmu pagi hari ini.

Mempelajari dan melakukan Pemuliaan Jenazah adalah salah satu kewajiban kita, karena bagaimanapun kita ini bakalan mati, semuanya calon mati.

“Dan kewajiban kita pula mengurus orang yang mati, karena sebagai seorang muslim apabila di sekitarnya ada jenazah orang menginggal tetapi tidak ada yang urusin itu semua orang di lingkungan nya berdosa, untuk itu marilah kita membuka mindset kita untuk tidak takut mengurus dan memuliakan jenazah orang mati, karena ini kewajiban kita semua bukan hanya kewajiban pak Amil, “demikian jelas Doktor (HC) Rusmono dalam paparan Manajemen Kematian.

Selain memberikan pemaparan materi manajemen kematian Doktor (HC) Rusmono juga memberikan solusi cepat tanggap sebuah terobosan tentang pelayanan pemuliaan jenazah dari Mesjid Raya Pondok Indah.

“Kebetulan kami memiliki 4 buah mobil jenazah yang ada dan diharapkan mobil jenazah itu jangan sampai mangkrak tapi bermanfaat.

“Kami perkenalkan suatu program sosial jariyah bersama yang bersubsidi silang yaitu KPJ Card.

“Dengan satu kartu yang jumlah infak jariyahnya sebesar Rp. 1.500.000,- sudah dianggap sebagai member KPJ card.

“Dengan dana sebesar itu maka kita akan berikan fasilitas yang komplit dari pelayanan pemuliaan jenazah dari Mesjid Raya Pondok Indah kepada member KPJ Card di wilayah yang menurut jangkauan kami dengan alat dan bahan-bahan nya, tetapi untuk wilayah Kunciran Pinang ini sudah tidak menjadi jangkauan kami tetap bisa di layani dengan ada tambahan transportasi mobil jenazah per ketentuan kilometer dari manajemen kami, ” tutupnya.

Acara Manajemen Kematian pagi hari ini selain materi kajian juga langsung praktek peragaan pemuliaan jenazah di pandu Ustadz Rusmono dan Cak Nor Amil Jenazah IPPJ Tangsel, juga di hadiri oleh Ketua Yayasan Pembinaan Umat Islam Bp. Dr Zahri Daya, Unit DKM Bp. Sutarno, Unit Pendidikan Bp. Wisnu Prihartono dan Bp. Jatmiko juga dari Unit Pengurusan Tanah Makam Bp. Rahman, (Cholik).