April 12, 2024

Sambut Bulan Suci, Abdurochim Masduqie Laksanakan Istighosah dan Ruwahan

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Tangerang Selatan – Dalam kegiatan sebagian kalangan umat islam, ada di kenal acara Istighosah dan ruwahan. Istighosah sendiri menurut Ibnu Taimiah adalah memohon pertolongan atas musibah atau bencana.

Sedangkan Ruwahan berasal dari kata ruh atau arwah. Tradisi Ruwahan sendiri berarti mengirimkan do’a bagi orang yang sudah meninggal. Dan tradisi Ruwahan biasa dilaksanakan di bulan Sya’ban dalam penanggalan Islam, satu bulan sebelum datangnya bulan suci Ramadhan.

Dua kegiatan ini acara ini, dilaksanakan sekaligus oleh ustadz Abdurochim Masduqie di halaman rumahnya, Jalan Pondoka Kacang Timur Raya, pada Selasa malam (14/03) dengan menghadirkan Ustadz Metal Aan Maharani SQ.

Dalam kesempatan itu, salah satu Bakal Calon Legislatif dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maharsiwi Diah Chandra Dewi menyumbangkan sebanyak 220 botol kemasan 2 liter bagi para jama’ah yang hadir.

Pada awak media, Abdurrahim Masduqie mengatakan bahwa acara ini memang biasa dilakukan olehnya setiap tahun menjelang bulan Ramadhan.

“Ini bentuk penghormatan dan penghargaan dari kita bagi para ahli kubur kita sebelum kita melaksanakan puasa di bulan Ramadhan” ujarnya.

Acara yang di mulai dengan pembacaan tahlil dan dzikir lainnya ini dipimpin oleh Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Tangsel KH. Muhammad Misbah dan do’a oleh pengurus LDNU Kyai Muntasir.

‘Dengan bacaan Al Qur’an, Dzikir dan tahlil yang kita hadiahkan bagi ahli kubur kita. Juga dengan pemberian sedekah yang kita hadiahkan atas nama mereka, semoga bisa jadi wasilah terampuninya dosa-dosa mereka dan membuat kehidupan mereka bahagia di alam kuburnya” terang ustadz Rochim.

Dirinya mengucapkan banyak terima kasih pada Maharsiwi Diah Chandra atas partisipasi.dan dukungannya atas terselenggarnya acara ini

“Semoga semua hajat dan harapan bu Diah dikabulkan Allah SWT, dan berhasil terpilih sebagai anggota dewan perwakilan rakyat  daerah Tangerang Selatan nanti di tahun 2024” tutup Abdurochim.

Acara juga dihiasi dengan lantunan shalawat dari tim hadroh, yang diakhiri dengan do’a bersama dan ramah tamah. (Ivan)