Mei 26, 2024

Polda Banten Gelar Rakenis Gabungan Satker Bidpropam Ditsamapta Ditpamobvit Bidhumas Bidkeu Serta Bidkum

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Serang – Kapolda Banten Irjen Pol. Prof. Dr. Rudy Heriyanto yang diwakili Wakapolda Banten Brigjen Pol. M. Sabilul Alif menghadiri sekaligus membuka Rapat Kerja Teknis (Rakenis) gabungan Satker Bidpropam, Ditsamapta, Ditpamobvit, Bidhumas, Bidkeu dan Bidkum Polda Banten tahun 2023 yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Polda Banten pada Senin (13/03).

Turur hadir dalam kegiatan Irwasda Polda Banten Kombes Pol Eko Kristianto, Pejabat Utama Polda Banten, Para Kapolres jajaran serta dikuti personel pengemban fungsi Samapta, Bidpropam, Ditpamobvit, Bidhumas dan Bidkeu baik dari Polres dan Polda.

Adapun tema yang diambil dalam Rakernis yaitu Polda Banten siap mengawal tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, serta mengamankan agenda nasional dan Internasional tahun 2023 dalam rangka mendukung peningkatan produktifitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan

Dalam kesempatan tersebut Wakapolda Banten membacakan amanat dari Kapolda Banten, bahwa salah satu agenda nasional penting terkait pengamanan yang akan kita lakukan dalam beberapa waktu lagi adalah pengamanan penyelenggaran Pemilu 2024. “Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pengamanan Pemilu merupakan kegiatan periodik yang kita lakukan dengan persiapan yang matang, demikian halnya dengan pelaksanan Pemilu tahun 2024 yang akan datang sesuai tugas pokok dan fungsinya,” kata Sabilul.

Sabilul juga menyampaikan bahwa Polri harus mampu mengawal dan pengamanan semua tahapan Pemilu tahun 2024 yang pelaksanan akan dilakukan secara serentak. “Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan secara serentak dengan pemilihan Kepala Daerah, untuk itu kita perlu melaksanakan persiapan lebih awal sehingga nantinya dalam pelaksananya terlaksana dengan lancar demi menjamin kualitas demokrasi Indonesia,” ujar Sabilul.

Dikesempatan tersebut Sabilul menekankan beberapa penekanan dalam kegiatan pengamanan Pemilu mendatang. “Adapun penekanan dalam pengamanan Pemilu yang akan datang yang pertama pastikan bahwa semua tahapan Pemilu berjalan dengan aman dan lancar, hindari potensi terjadinya tindakan kekerasan atau anarkisme yang terjadi saat kampanye maupun pemungutan suara,” ucap Sabilul.

Lebih lanjut Sabilul mengatakan penekanan yang kedua. “Pastikan keamanan para pemilih dan kontestan, prioritaskan pengamanan pada daerah daerah yang rawan konflik Sosial,” lanjutnya.

Penekanan Sabilul yang terakhir adalah pastikan keluhan dan aduan terhadap Polri selama penyelenggaran Pemilu tertangani dengan cepat. “Hindari potensi sentimen negatif masyarakat terhadap penyelenggaran operasi pengamanan Pemilu oleh Kepolisian dan yang paling jaga netralitas dalam setiap tahapan Pemilu serta tidak berpihak pada Parpol atau calon manapun karena hal ini dapat merusak Integritas Institusi,” tutur Sabilul.

Selain pengamanan menjelang Pemilu kita juga akan melaksanakan kegiatan operasi pengamanan terhadap agenda agenda Nasional dan hari besar Nasional. “Adapun agenda Nasional dan hari besar Nasional anatara lain seperti Operasi Ketupat tahun 2023 serta Operasi Lilin 2023, tentunya hal ini harus menjadi perhatian kita semua ditengah tengah hangatnya dinamika sosial Politik yang menjadikan tugas kepolisian menjadi semakin komfleks,” jelas Sabilul.

Diakhir, Sabilul berharap dengan adanya kegiatan Rakernis. “Saya harapkan dengan dilaksanakanya kegiatan Rakernis ini dapat menjadi forum Komunikasi dan koordinasi yang tepat untuk membahas berbagai isu dan strategis terkait dengan tugas operasional Polda Banten berdasarkan tanggung jawab dan fungsi masing masing Satuan Kerja (Satker),” tutup Sabilul. (Ivan/Bidhumas).