April 13, 2024

Peringati Hari Gizi Nasional Dinkes Tanggamus Gaungkan Cegah Stunting

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Tanggamus – Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional Ke 63, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus Melakukan Kegiatan Aksi Bergizi, dengan Tema “Protein Hewani cegah stunting” bertempat di Sumanda, Pekon Suka Maju, Kecamatan Pugung.

Hadir Dalam Kegiatan Tersebut Kepala Dinas Kesehatan, Taufik Hidayat, S.E., M.kes Camat Pugung, Ahmad Yani Halim, S.Sos., M.M. Para Anggota Forkopimda Kecamatan Pugung, Ketua Tim Pegerak PKK Kecamatan Kabupaten Tanggamus, Organisasi Persagi dan IBI Kabupaten Tanggamus, Kader Posyandu Bayi dan Balita Pekon Suka Maju.

Dalam Sambutannya Kepala Dinkes Kabupaten Tanggamus menjelaskan stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan giji kronik yang ditandai dengan panjang atau tinggi badan menurut usia yang dibawah standar.

Ia menyampaikan deviasi protein berperan penting dalam upaya penurunan stunting, berdasarkan studi yang dilakukan oleh Headey et.al (2018) menyatakan bahwa ada bukti kuat hubungan stunting dan Indikator konsumsi pangan berasal dari hewan seperti daging, ikan, telur dan susu atau produk turunannya (Keju, yoghurt, dll.).

“Penelitian juga menunjukkan konsumsi pangan berasal dari protein hewani lebih dari satu jenis lebih menguntungkan daripada konsumsi pangan berasal dari hewani tunggal,” ungkapnya.

Ia berharap rangkaian kegiatan peringatan HGN ke 63 dapat memfokuskan seluruh stakeholders.

“Saya berharap elemen masyarakat untuk berperan aktif menggaungkan gizi ibu hamil, menyusui dan balita yang kaya protein hewani demi tercapainya target RPJMN 2020-2024 untuk percepatan penurunan stunting menjadi 14 persen,” harapanya.

“Apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan dan bantuan demi suksesnya peringatan HGN ke 63 tahun 2023, semoga ini dapat menjadi momentum yang baik dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama-sama melakukan perbaikan gizi masyarakat menuju bangsa sehat berprestasi,” tutupnya.

Sementara itu, saat diwawancarai di ruang kerjanya Kabid Kesmas Dapit Herwin Gunawan, S.K.M. mengatakan Dinas Kesehatan melaksanakan Kegiatan Aksi Bergizi dalam Rangka memperingati Hari Gizi Nasional Ke 63, Jumat (10/2/2023).

“Alhamdulilah kemarin kita melaksanakan Kegiatan Aksi Bergizi Dalam Rangka memperingati hari Gizi Nasional, dengan tema “Protein Hewani cegah stunting”. Kegiatan dibuka Langsung Kepala Dinas Kesehatan bertempat di Sumanda Pekon suka Maju Kecamatan Pugung Alhamdulilah acara berjalan dengan lancar,” ungkapnya. (aili umran)