April 12, 2024

Banyak Pemilih Pemula Belum Miliki KTP Elektronik, Camat Pakuhaji Buka Perekaman di Hari Sabtu-Minggu

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com KAB TANGERANG, – Ketua Panitia Pemilihan (PPK) Kecamatan Pakuhaji Haerudin mengungkapkan ada sebanyak 1.054 pemilih pemula pada pemilu 2024 di Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang belum memiliki KTP elektronik.

“Karena itu kami langsung berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan Pakuhaji untuk memverifikasi ribuan data tersebut secara sistem dan yang ditemukan sebanyak 457 pemilih belum melakukan perekaman,” kata Haerudin, Selasa 14 November 2023.

Sambung Haerudin menjelaskan, meski secara data para pemilih pemula itu sudah terdaftar pada DPT pemilu 2024 tetapi mereka harus melakukan perekaman e-KTP karena dasar memiliki hak suara adalah KTP elektronik.

“Ketika mereka sudah melakukan perekaman e-KTP artinya mereka sudah tercatat di dalam data dukcapil walaupun secara pisik KTPnya belum mendapatkan,” tutup Haerudin.

Terpisah Camat Pakuhaji Mohamad Supriyatna mengatakan, untuk menyelesaikan hal tersebut pihaknya telah mengambil beberapa langkah diantaranya menggelar rapat koordinasi pada 25 Oktober 2023 lalu dengan PPK, Dukcapil dan perangkat desa

“Selanjutnya kami menyampaikan surat pemberitahuan ke setiap desa dengan dilampirkan nama-nama pemilih pemula untuk melakukan perekaman e-KTP di kantor Kecamatan Pakuhaji sesuai dengan jadwal yang kami buat,” kata Supriyatna.

Lebih lanjut Supriyatna mengatakan mulai 2 November 2023 lalu pihaknya bersama dukcapil sudah mulai melakukan perekaman e-KTP dikantornya kepada ratusan pemilih pemula yang datanya belum terekam pada dukcapil Kabupaten Tangerang.

“Agar semuanya terfasilitasi bagi pemilih pemula yang bekerja dan tidak punya waktu untuk melakukan perekaman, kami juga akan melakukan koordinasi dengan dukcapil dan meminta untuk melakukan perekaman e-KTP di hari Sabtu dan Minggu” katanya.

Dikatakan Supriyatna dari 457 data pemilih pemula yang belum melakukan perekaman berkat langkah cepat yang diambil oleh pihaknya saat ini sudah ada 257 data pemilih pemula atau sekitar 60 persen sudah melakukan perekaman.

“Mudah mudahan dengan langkah ini masyarakat atau pemilih pemula yang belum terekam bisa melakukan perekaman sehingga bisa menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2024 nanti,” pungkasnya. (Ivan)