April 12, 2024

Rapatkan Barisan, Rutan Cipinang Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com JAKARTA, – Dengan semangat kebersamaan dan patriotisme yang berkobar, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menggelar upacara bendera untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023, Sabtu (28/10).

Dengan mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” upacara berlangsung di lapangan utama Rutan Kelas I Cipinang ini diikuti oleh Pejabat Struktural, Pegawai dan Perwakilan Warga Binaan Rutan Cipinang. Mereka berkumpul di lapangan upacara untuk mengenang dan merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang menjadi simbol semangat persatuan dan nasionalisme Indonesia.

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat dari Menteri Pemuda dan Olahraga bahwa setiap tanggal 28 Oktober kita selalu merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP).

Momentum tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali juga menekankan pentingnya semangat persatuan dan nasionalisme yang harus diteruskan ke generasi muda, semangat perjuangan pemuda dalam mencapai kemerdekaan harus senantiasa menjadi inspirasi bagi kita semua.

“Pemuda adalah harapan bangsa, dan kita harus mewariskan semangat juang dan cinta tanah air kepada mereka. Semangat yang sama yang membawa kita menuju kemerdekaan dan persatuan,” ujar Sukarno Ali

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Rutan Kelas I Cipinang ini merupakan bagian dari usaha Rutan Cipinang untuk memberikan pendidikan dan kesadaran akan nilai-nilai luhur perjuangan bangsa. Dalam semangat “Bersama Majukan Indonesia,” Rutan Cipinang berperan sebagai Rumah Tahanan Negara atau Lembaga Pemasyarakatan yang memberikan kontribusi positif dalam proses pembinaan warga binaan, dengan tujuan agar mereka dapat menjadi warga yang baik dan produktif dalam masyarakat.

Seluruh peserta upacara terlihat antusias dalam menunjukkan semangat kebangsaan. Para petugas dan warga binaan mengikuti upacara dengan penuh kekhusyukan, mengibarkan bendera merah-putih sambil bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan.

Kehadiran seluruh komponen di Rutan Cipinang menunjukkan komitmen bersama dalam menjaga dan memperkokoh persatuan serta kesatuan bangsa.

(Sodikin)