Juli 25, 2024

Cari Solusi Terbaik, Pemkab dan Polresta Tangerang Gelar Rembug Guyub Terkait Revitalisasi Pasar Kutabumi

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com KABUPATEN TANGERANG, –Dalam usaha menjalian dan mempererat silaturahmi sekaligus menyatukan persepsi bagi para pedagang pasar Kutabumi, Pemkab bersama Polresta Kabupaten Tangerang gelar acara Rembug Guyub di halaman kantor Polresta, Jl. Nn Kelurahan Kadu Agung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang, Jum’at malam (06/10)

Sebagaimana diketahui sebelumnya, akibat adanya beda pandangan antara pedagang di Pasar Kutabumi terkait Revitalisasi, telah terjadi bentrokan pada pekan lalu, Minggu (25/09) yang merugikan kedua belah pihak dan beritanya pun viral, hingga menjadi perhatian khusus Pemkab Tangerang.

Hadir dalam acara ini, Kapolresta Tangerang Kombespol Sigit Dany Setiyono, Danramil 0510 TRS Letkol (Arh) Syarib SB, Sekda Moh Maesyal Rasyid, Danramil 11/ Pasar Kemis Mayor Suwaryono, Kapolsek Pasar Kemis AKP Irpan Abdul Gofar, Pakar Hukum Pidana Gedeon, Pakar Hukum Perdata Doktor Gunawan, Pakar Informasi dan Telekomunikasi Didi Ruslan.

Turut hadir Dirut Perumda Finny Dewiyanti, Dirop Perumda NKR Azhari, DirAd Perumda NKR Pasya, Mahasiswa yang tergabung di GMBI, anggota DPRD Kabupaten Tangerang, ketua Forum RW dan Kejaroan beserta puluhan para pedagang Pasar Kutabumi.

Dalam sambutannya, Sekda Moh. Maesyal Rasyid menyampaikan bahwa lahan Pasar Kutabumi itu milik pemerintah, milik Pemda.

“Pasar Kutabumi memang milik Pemda khususnya Pemerintah Kabupaten Tangerang, dan kita telah menyiapkan anggaran untuk Revitalisasi yang pengelolahannya oleh Perumda Niaga Kerta Raharja (NKR)” ucap Sekda

Sementara itu Priyadi yang mewakili para pedagang yang menolak untuk direvitalisasi mengutarakan agar ada kejelasan hukum dan keterbukaan terkait kejadiaan di hari Minggu (25/09) lalu.

“Kami meminta hukum ditegakkan, kami juga taat aturan taat hukum dan kami semua bukan menolak Revitalisasi. Kami mendukung tapi yang kami tidak inginkan cara dan kurangnya komunikasi pihak Perumda secara langsung pada kami dan bukan melalui orang suruhan” katanya

Sedangkan perwakilan pedagang yang saat ini sudah di TPPS mengungkapkan bahwa para pedagang menginginkan dan berharap Revitalisa secepatnya terlaksana.

“Kami ingin bisa berdagang dengan aman dan nyaman kembali, karena itu kami berharap revitalisasi ini segera terwujud dan kami bisa berdagang bersama kembali seperti dulu” tutur Rudi.

Di akhir acara Kapolresta Tangerang Kombespol Sigit Dany Setiyono menutup acara dan sekaligus menyampaikan acara Rembug Guyub ini adalah cara agar bisa ada solusi untuk kepastian hukum.

“Kami Pihak penegak hukum Polresta Tangerang tidak akan mentolerir apapun bentuk tindakan anarkis dan kekerasan. Hasil dari acara ini sudah cukup jelas karena disiarkan secara live. Hasilnya pun akan dipublikasikan baik di chanel youtube atau Instagram juga beberapa media dari beberapa rekan-rekan jurnalis yang turut hadir” paparnya.

“Akhir kata Kita Sepakat dan setuju Pasar Kutabumi di Revitalisasi ya ” tegas Kapolres Kombespol Sigit Dany Setiyono.

Acara juga dihadiri oleh para pakar hukum dan puluhan pedagang pasar Kutabumi. Meski pertemuan berjalan dinamis, namun secara keseluruhan aman dan kondusif. (Jun)