Februari 24, 2024

Rapat Pleno Tetapkan KH. Anwar Iskandar Gantikan KH. Miftachul Akhyar Sebagai Ketua Umum MUI

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com JAKARTA, — Bertempat di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, KH Anwar Iskandar ditetapkan sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH.Miftachul Akhyar dalam Rapat Pleno yang di gelar Selasa, (15/08/23).

Rapat Pleno MUI digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan ini di hadiri oleh hampir seluruh Pimpinan Harian, Dewan Pimpinan, Ketua serta sekretariat termasuk Sekretaris Komisi Badan dan Lembaga yang ada Di Dewan Pimpinan Pusat MUI.

Menurut Wakil Ketua Umum MUI Buya Basri Bermanda mengatakan, “Tadi sudah di tetapkan bahwa KH. Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH. Miftachul Akhyar yang telah mengundurkan diri.

“Agenda dari Rapat Pleno ini sebenarnya hanya menetapkan pengganti dari Ketua Umum dan kemudian akan di sahkan nanti melalui Rapat Paripurna yang akan di pimpin oleh KH. Ma’ruf Amin, sebagaimana beliau merupakan Ketua Dewan Pertimbangan MUI.

“Keputusan untuk menetapkan KH. Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI sebenarnya sudah melalui proses yang sangat panjang dan sudah sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang ada di MUI, “Kata Buya Basri yang sekaligus juga sebagai Ketua Rapat Pleno.

Sementara itu hasil lanjutan dari Rapat Pleno juga di ungkapan Ketua Organizing Comite (OC) MUI, KH. Rofiqul Umam Akhmad mengungkapkan, Rapat Pleno kali ini merupakan hasil dari amanat Rapat Pimpinan MUI yang telah diselenggarakan tanggal 30 Mei 2023 lalu.

“Mengusulkan bahwa Bapak KH. Anwar Iskandar untuk menggantikan KH. Miftachul Akhyar yang sudah mengundurkan diri, dan tentunya akan meneruskan periode kepemimpinan atau meneruskan sisa jabatan Kiyai Haji Miftachul Akhyar sampai dengan Musyawarah Nasional (Munas)MUI 2025, “Pungkas KH. Rofiqul Umam yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal MUI Bidang Ekonomi Syariah dan Halal ini. (Cholik).