Juli 13, 2024

Kontingen Pramuka Indonesia Tiba Selamat di Penampungan

Spread the love

MAHARDHKAnews.com JAKARTA, – Kontingen Gerakan Pramuka dari Indonesia tiba dengan selamat di penampungan yang berada di Asrama Universitas Wonkwang, Provinsi Jeollabuk. Kontingen berkekuatan 1.569 orang itu mengikuti Jambore Pramuka Sedunia ke-25 di Bumi Perkemahan Sae Man-Geum yang juga berada di Provinsi Jeollabuk dari 1 sampai 12 Agustus 2023.

Setelah dapat mengatasi cuaca panas dan bertahan di arena Jambore, sementara beberapa negara mengundurkan diri karena tak tahan cuaca panas ekstrem, tetapi akhirnya Kontingen Indonesia bersama seluruh peserta terpaksa harus dipindahkan dari arena Jambore. Penyebabnya adalah Topan Khanun yang diprediksi akan melintas area Jambore pada 9-10 Agustus 2023.

Pemerintah Korea Selatan akhirnya memutuskan untuk memindahkan seluruh 39.000 peserta dari 155 negara ke lokasi yang lebih aman. Kontingen Indonesia bersama beberapa kontingen negara lainnya mendapatkan tempat penampungan di Asrama Universitas Wonkwang.

Proses pemindahan dimulai 8 Agustus 2023 pukul 08.00, dan dimulai dengan menggunakan sekitar 1000 bus mengangkut seluruh peserta didik yang berusia 14-17 tahun. Setelah itu baru orang dewasa dipindahkan pula. Bus terakhir yang membawa kontingen Indonesia keluar dari perkemahan pada pukul 18.25 waktu Korea. Saat ini seluruh anggota kontingen Indonesia sudah aman di tempat penampungan. Kedutaan Besar RI di Seoul juga membantu kegiatan pemindahan kontingen Indonesia, dengan mengerahkan staf dan para mahasiswa Indonesia di Korea Selatan yang bisa fasih berbahasa Korea, agar pemindahan berjalan lancar tanpa kendala.

Saat ini semua anggota kontingen Indonesia dalam keadaan baik. Besok, 9 Agustus 2023, kegiatan Jambore akan berlanjut dengan kunjungan wisata ke beberapa tempat. Sementara penutupan Jambore tetap sesuai jadwal pada 11 Agustus 2023. Acara penutupan yang dimeriahkan Konser KPop itu akan dilaksanakan di Sang-am World Cup Stadium di Seoul, mulai pukul 18.30.

Kontingen Indonesia sendiri akan meninggalkan Korea Selatan untuk kembali ke Tanah Air, sesuai jadwal penerbangan masing-masing, yaitu pada 12,13, dan 14 Agustus 2023. (Ivan)