April 13, 2024

Pj Gubernur Al Muktabar Harapkan Kelurahan Cisauk Menginspirasi Kelurahan dan Desa di Wilayah Provinsi Banten

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com BANTEN, –Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar berharap Kelurahan Cisauk sebagai perwakilan dari Provinsi Banten yang telah masuk 5 besar, pada tahapan selanjutnya mampu masuk dalam 3 besar dalam Lomba Kelurahan dan Desa Tingkat Regional II (Jawa-Bali) Tahun 2023. Lomba yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia ini diharapkan mampu menginspirasi Kelurahan dan Desa lain dalam optimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Al Muktabar usai menghadiri kegiatan Klarifikasi Lapangan Lomba Kelurahan dan Desa Tingkat Nasional untuk Regional II Tahun 2023 di Kantor Kelurahan Cisauk, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Jumat (28/7/2023).

“Alhamdulillah Kelurahan Cisauk ini telah memasuki 5 besar, Kelurahan ini yang kita ajukan ke Nasional sebagai Kelurahan terbaik tingkat Provinsi,” ungkapnya.

“Dan ini masih ada dua tahap lagi, kita mohon do’a semoga masuk 3 besar,” sambungnya.

Selanjutnya, Al Muktabar juga berharap hal tersebut dapat menginspirasi bagi Kelurahan dan Desa lainnya untuk dapat meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita terus menggiatkan apa-apa yang disebut dengan Pemerintah hadir dalam rangka memberikan pelayanan, ini juga sebagai ikhtiar kita, sebagai bagian dari kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sementara, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyampaikan dalam kegiatan Klarifikasi Lomba Kelurahan dan Desa Tingkat Nasional itu dapat memberikan masukan dan saran dalam rangka meningkatkan pelayanan.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada seluruh tim dan juga bimbingan untuk terus memperbaiki pelayanan kepada masyarakat, dan mudah-mudahan Kelurahan Cisauk jadi role model untuk seluruh Kelurahan di Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Ia juga menyampaikan apresiasi atas peran semua pihak dalam mendukung program-program inovasi yang dilakukan di tingkat Kelurahan dan Desa

“Terima kasih kepada Pak Pj Gubernur, Ibu Pj Sekda Provinsi Banten yang ikut berperan serta pendukung program dari pembangunan dan juga program-program inovasi dari Kelurahan-Kelurahan di Provinsi Banten,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Kelurahan dan Desa Tingkat Regional II Jawa-Bali Nana Wahyudi mengatakan dalam tahapan tersebut pihaknya akan melakukan verifikasi terhadap dokumen-dokumen yang telah diserahkan Kelurahan Cisauk pada saat tahapan administratif.

“Kita akan melihat ke lapangan dan mohon dukungan dari semua pihak sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan klarifikasi ini dengan lancar,” tuturnya.

Dikatakan, lomba tersebut merupakan salah satu bentuk evaluasi dan melakukan penilaian terhadap perkembangan Pemerintah Desa atau Kelurahan khususnya dalam penyelenggaraan bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

“Lomba ini dilaksanakan antara lain ditekankan kepada inovasi, memanfaatkan potensi termasuk potensi masyarakat, pelayanan publik dan dukungan dalam pemulihan ekonomi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa Kelurahan Cisauk telah masuk dalam 5 besar dari 2.879 Desa dan Kelurahan yang ada di Jawa-Bali. Selanjutnya nanti, tanggal 5 Agustus 2023 akan diumumkan untuk 3 besar yang akan mengikuti tahapan berikutnya.

“Cisauk masuk dalam nominasi 5 besar terbaik Lomba Kelurahan dan Desa Tingkat Regional II Tahun 2023,” imbuhnya. (Red)