Mei 26, 2024

Ciptakan Makanan Sehat dan Higienis, Pekerja Dapur Rutan Cipinang DKI Jakarta Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com JAKARTA, – Upaya untuk menjaga lingkungan dapur tetap bersih dan makanan yang higienis, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta lakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga binaan yang dipekerjakan sebagai koki di dapur Rutan Cipinang, Jumat (7/7).

Sebanyak 59 pekerja dapur (Tamping dapur) mengikuti pemeriksaan kesehatan oleh Dokter Rutan Cipinang dengan tertib. Kegiatan ini sebagai salah satu syarat menjadi koki dapur, karena untuk menyajikan makanan sehat dan dengan prosedur yang benar tentunya dibutuhkan tenaga yang sehat juga. Karena itu, kesehatan para pengolah masakan di Rutan Kelas I Cipinang harus terjamin.

Dokter Rutan Cipinang menjelaskan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan tensi dan cek kesehatan secara umum lalu diberikan vitamin. Menurutnya, untuk menjadi pekerja di dapur, cek darah harus normal dan tidak memiliki riwayat penyakit menular maupun menghambat kerja. “Untuk kerja di dapur harus sehat dan tidak ada penyakit, seperti penyakit kulit, batuk pilek yang mengarah ke TBC, atau asam urat yang bisa mengganggu kerja,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali mengatakan langkah kami dalam melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga binaan yang dipekerjakan di dapur ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami atas kesehatan warga binaan khususnya yang bertugas sebagai tamping dapur.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan para pekerja dapur dalam keadaan sehat sehingga mampu bekerja di dapur dan tidak memiliki penyakit yang dapat ditularkan melalui makanan. Ia berharap dengan tamping dapur yang sehat serta terjaganya higienitas dan kebersihan dapur dapat tercipta penyelenggaraan makan minum yang baik untuk seluruh warga binaan,” ucapnya. (Sodikin)