Juni 20, 2024

Wali Kota Tangerang Tekankan Agar Kegiatan Konsultasi Dimanfaatkan Dengan Maksimal

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com KOTA TANGERANG, – Dihadapan para peserta yang merupakan stakeholder dari unsur OPD, BUMN, BUMD, Perguruan Tinggi dan LSM serta para tokoh masyarakat di lingkup Kota Tangerang, Wali Kota Tangerang, H. Arief R Wismansyah, menekankan agar kegiatan konsultasi ini dapat dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin untuk dapat menghasilkan kebijakan yang mendukung kelestarian lingkungan hidup dan harus terintegrasi dengan penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Tangerang.

“Karena sesuai dengan amanat Undang-Undang yang berlaku, pelaksanaan penyusunan RDTR dilakukan dengan turut memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup dan kajian lingkungan hidup strategis. Dan forum ini, turut mengakomodir rekomendasi KLHS yang merupakan hasil pengolahan dari aspirasi dan masukan masyarakat yang telah dijaring pada Rapat Konsultasi Publik sebelumnya,” ujar Arief.

Melalui proses ini, lanjut Arief, tentunya kita berupaya dapat menghasilkan kebijakan yang mendukung kelestarian lingkungan hidup yang juga terintegrasi dengan penyusunan RDTR Kota Tangerang, sehingga dapat tersusun RDTR yang mendukung kelestarian, wawasan serta pemahaman tentang pentingnya mempertahankan keberlangsungan lingkungan hidup atau environmentally sound.

Lebih lanjut, Arief, mengapresiasi kegiatan konsultasi publik yang telah melibatkan peran serta berbagai pihak baik dalam penyusunan RDTR maupun KLHS.

“Masyarakat adalah pemangku kepentingan yang menikmati hasil pembangunan yang dibuat dan dilaksanakan oleh pemerintah serta terkena dampak dari kebijakan pemerintah. Selain itu, memiliki informasi serta keahlian yang relevan dengan substansi kebijakan, rencana, serta program dari pemerintah. Sehingga keterlibatannya, akan sangat membantu dalam upaya menyusun kajian untuk menghasilkan kebijakan yang mendukung kelestarian lingkungan hidup dalam pemanfaatan tata ruang,” tukas wali kota. (Ivan/rls)