Juli 19, 2024

Masuk Puncak Arus Mudik, Ganjar Pastikan Stok BBM di SPBU Aman

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Salatiga – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memastikan stok BBM di SPBU PT Pertamina aman di masa puncak arus mudik lebaran 2023 ini.

Hal itu disampaikan Ganjar usai mengecek ketersediaan stok BBM bersama Menteri ESDM Arifin Tafsir dan Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati di Rest Area km 456A dan 456B Salatiga, Jateng, Rabu (19/4/2023).

“Dari sisi ketersediaan BBM hari ini dicek langsung oleh Pak Menteri ESDM terima kasih dari Dirut Pertamina datang langsung, kenaikannya (stok) 78 persen,” kata Ganjar di lokasi.

Ganjar menjelaskan, stok BBM yang melimpah ini merupakan salah satu layanan prima untuk memastikan terwujudnya mudik yang aman, nyaman, dan berkesan.

Di samping itu, Ganjar juga memastikan antrean pembelian BBM di rest area bisa terurai. Salah satunya dengan ketersediaan SPBU modular.

“Dari sisi ketersediaan cukup, dari sisi kecepatan tadi Pak Menteri ngetest langsung, dan kita butuh pelayanan yang cukup cepat agar kita tidak membikin bagian dari kemacetan,” kata Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar menyebut pihaknya saat ini masih siaga untuk memastikan pelayanan masyarakat di puncak arus mudik bisa diberikan.

“Mudah-mudahan kontrol-kontrol ini akan membikin lebih lancar. Kita masih standby terus sampai beberapa hari jelang Idulfitri ini. Rasa-rasanya masih ada fluktuasi kenaikan angkutan yang masuk,” kata Ganjar.

Sementara itu, Nicke mengungkapkan bahwa PT Pertamina menyediakan stok yang cukup di puncak arus mudik lebaran hingga Kamis (20/4), khususnya di ruas tol yang melintasi Provinsi Jateng.

“Jawa Tengah ini yang mendapat perhatian khusus karena paling tertinggi (prediksi pemudik). Kalau kita lihat di historical data ketika mudik itu yang tertinggi karena ada yang mudik juga dari Jawa Tengah,” katanya.

Nicke berharap SPBU modular yang disiapkan di rest-rest area wilayah Jateng bisa memecah kepadatan dan kemacetan. Di samping itu, Nicke menyebut pihaknya juga menyediakan layanan antar jemput BBM kemasan.

“Untuk memecah kemacetan ataupun atrean SPBU kita menambah SPBU seperti ini yang sifatnya adalah sementara. Kita juga sediakan ada motoris untuk yang di tengah perjalanan sebelum sampai SPBU sudah butuh BBM,” katanya. (Ivan)