April 19, 2024

Tahun 2024, Pemprov Banten Targetkan Angka Stunting Di Bawah 14%

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten targetkan angka stunting berada di bawah 14% pada tahun 2024. Target itu bagian dari isu tematik program prioritas pembangunan dalam Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 di Hotel Le Dian, Jl. Jenderal Sudirman No 88 Sumerpecung, Kec. Serang, Kota Serang. Kamis, (06/04/2023).

“Saya rasa dalam kegiatan ini, hal yang lebih perlu diperhatikan yakni perihal stunting yang berkaitan dengan generasi muda sekarang ini,” jelas Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Banten Virgojanti.

Menurutnya, dalam mencapai target di tahun 2024 ada beberapa upaya yang akan dilakukan oleh Pemprov Banten. Di antaranya, menanamkan komitmen bersama untuk mencegah stunting serta melakukan kolaborasi yang terus dikembangkan baik dengan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

“Dan konvergensi aksi yang terus kita lakukan yakni komitmen dan berkolaborasi antar OPD. Baik dengan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Adapun, kolaborasi yang akan dilakukan oleh Pemprov Banten di antaranya melalui kolaborasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang memiliki wewenang dan tanggung jawab atas fasilitas dan ketersediaan sanitasi dan air bersih yang baik.

“Aksi Konvergensi yang terus kita kolaborasikan salah satunya mengenai hadirnya Rumah Sakit, instalasi, serta sanitasi air yang ketidakberadaannya bisa menyebabkan stunting,” katanya.

Selain itu, Virgo menjelaskan kolaborasi yang dilakukan Pemprov Banten juga dilakukan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud). Yang memiliki peran untuk mengedukasi masyarakat dalam pencegahan stunting.

“Kita juga terus bergerak dalam hal edukasi yang biasa kita mulai dari pengetahuan tentang 1000 hari pertama dalam kehamilan yang rentan terkena stunting,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Virgo juga menyatakan bahwa upaya Pemprov Banten terhadap penanganan stunting juga dilaksanakan pada sektor pertahanan pangan yang memiliki peran penting dalam asupan gizi anak.

“Kita juga memperhatikan dalam ketahanan pangan yang kita miliki. Dan itu juga sebuah aksi yang merupakan langkah-langkah dalam menangani stunting,” jelasnya.

Lebih lanjut , Virgo berharap dengan adanya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang memiliki tujuan mensinergikan program pembangunan Banten mampu lebih menekan angka stunting di tahun 2024.

“Dan melalui kegiatan ini yang mengedepankan kolaborasi dan sinergitas saya harap stunting ini terus bisa ditekan sebagai upaya dalam mensukseskan pembangunan Provinsi Banten,” pungkasnya. (Yudha)