Mei 26, 2024

Jokowi Jamin Keikutsertaan Timnas U 20 Israel, Tak Merubah Dukungan Indonesia Terhadap Palestina

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Jakarta, – Polemik yang hadir di masyarakat dengan keikutsertaan timnas U 20 Israel di Piala Dunia U 20 yang akan di selenggarakan di Indonesia, membuat Presiden Jokowi angkat bicara.

Melalui Konfrensi Pers di Istana Negara, Selasa (28/03) Presiden Jokowi menjamin bahwa keikutsertaan timnas Israel tak merubah dukungan Indonesia pada Palestina.

Sebagaimana diketahui, Indonesia jadi tuan rumah U – 20 melalui proses seleksi panjang, dan pada akhirnya ada 3 negara Brasil, Indonesia dan Peru

“Pada bulan Oktober 2019, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah oleh FIFA merupakan sebuah kehormatan mendapat kepercayaan tuan rumah U – 20” tambah Presiden.

Saat ditunjuk kita belum tahu siapa yang akan menjadi peserta dan kepastian Israel lolos baru diketahui Juli 2022 dan tidak ada kaitan dengan konsistensi dukungan Palestina.

“Dalam urusan Piala Dunia U – 20, kita sependapat dengan Dubes Palestina. FIFA punya aturan yang harus diikuti anggotanya.
Jangan mencampurkan urusan olah raga dan politik. Karena itu kita menjamin bahwa hal ini tak merubah dukungan kita terhadap kemerdekaan Palestina” tegasnya.

“FIFA mengetahui ini soal penolakan timnas Israel ini
Karena itu kita mengutus Ketua Umum PSSI Erick Tohir untuk cari penyelesaian solusi terbaik” tutup Jokowi. (Ivan/rls)