Juli 19, 2024

Bidkeu Polda Banten Gelar Rakernis Fungsi Keuangan Tahun Anggaran 2023 Serta Sosalisasi Aplikasi Puskeu Presisi 2.0

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Serang – Bidang Keuangan (Bidkeu) Polda Banten gelar rapat kerja teknis (Rakernis) fungsi keuangan tahun anggaran 2023 serta sosalisasi Aplikasi Puskeu Presisi 2.0 yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Ratu Kota Serang pada Kamis (16/03)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabidkeu Polda Banten Kombes Pol Retno Dwiyanti, Kasubiddalverif Bidkeu Kompol Melinda Berliana Efendi, Kabid Politik Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Banten Gustiwana, para Kabag SDM, Kasubagrenmin, Kasieu, Kaurkeu dan Operator Tunkin Jajaran Polda Banten.

Dalam kesempatan tersebut Kabidkeu Polda Banten Kombes Pol Retno Dwiyanti menyampaikan bahwa selain pelaksanaan Rakernis fungsi keuangan tahun 2023. “Selain melaksanakan Rakernis dalam dikesempatan yang sama dilaksanakan sosalisasi Aplikasi Puskeu Presisi 2.0 dimana Polda Banten siap melaksanakan pengelolaan keuangan yang tepat dalam mengawal tahapan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2023,” kata Retno.

Pilpres dan Pilkada serentak merupakan agenda nasional yang akan dihadapi serta dilaksanakan pada tahun 2024. “Dalam mendukung pelaksanan pengamanan agenda nasional tersebut pemerintah telah mengalokasikan anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pelaksanan Pilpres sedangkan untuk pelaksanan Pilkada serentak tahun 2024 bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dari masing masing daerah,” ujar Retno.

Adapun dukungan anggaran pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024. “Pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 merupakan bentuk pendanaan yang diperuntukan pengamanan yang dilaksanakan TNI, Polri maupun Satpol PP dalam bentuk Sub kegiatan dimana anggaran tersebut berada pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD),” ucap Retno.

Adapun tujuan dilaksanakanya Rakernis dalam rangka percepatan pelaksanaan program dan kegiatan. “Tujuan dilaksanakanya Rakernis untuk percepatan pelaksanaan program dan kegiatan serta mewujudkan belanja negara yang lebih berkualitas melalui pelaksanaan anggaran secara efektif, efisien dan akuntabel serta melakukan Digitalisasi dalam proses pelaksanaan anggaran tahun 2023,” tutur Retno.

Diakhir, Retno berharap di tahun 2023 seluruh Satuan Kerja (Satker) dan jajaran Polda Banten melaksanakan realisasi anggaran dengan optimal. “Saya harap Satker dan Jajaran Polda Banten merealisasikan anggaran dengan optimal serta lebih baik lagi, dengan dibuktikan capaian Output yang maksimal, mari kita bersama sama bersinergi dalam  melaksanakan pelaksanaan anggaran belanja negara di Wilayah Polda Banten  ” tutup Retno. (Ivan/Bidhumas)