April 12, 2024

Polsek Pulau Panggung Identifikasi Rumah Musibah Kebakaran, di Pekon Sukamaju

Spread the love

MAHARDHIKAews.com, Tanggamus – Musibah kebakaran menimpa sebuah rumah milik Kamaladin (56) di Pekon Sukamaju Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus. Seluruh bangunan ludes tak tersisa hingga korban mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

Kapolsek Pulau Panggung Polres Tanggamus AKP Musakir, S.H mengatakan, kebakaran terjadi sore tadi, Selasa 7 Maret 2023 sekitar pukul 16.30 WIB.

“Rumah korban yang terbakar berupa satu  rumah panggung terbuat dari kayu,” kata AKP Musakir mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra, S.I.K.

Kapolsek mengungkapkan, selain rumah tersebut barang-barang milik korban terbakar berupa 2 sepeda motor, 2 mesin chainsaw, mesin babat, mesin bajak tanah dan 4 sound system. Lalu, 2 unit tv lcd,  kulkas, mesin cuci, mesin gilingan jagung, kompresor angin, gilingan bubuk kopi, motor trail mini, mobil mini, 4 ban mobil + plek, travo las dan surat-surat berharga.

“Hasil identifikasi sementara, sejumlah barang tersebut yang terbakar. Sehingga total kerugian korban senilai Rp180 juta,” ungkapnya.

Dijelaskan AKP Musakir,  kebakaran pada saat rumah dalam keadaan kosong ditinggal korban yang pergi menjemput istri nya di pekon muara dua, ulu belu sekitar pukul 16.20 WIB, yang mendapat telfon dari anak saksi bahwa rumah miliknya kebakaran.

Menurut keterangan saksi Suharyono kejadian yang ia ketahui sekitar pukul pukul 16.30 WIB, ia mendengar ada suara teriak minta tolong yang mengatakan adanya kebakaran diluar sehingga saksi keluar.

Saat itu Suharyono melihat asap sudah membubung tinggi berasal dari rumah korban dan langsung menyelamatkan satu unit sepeda motor honda genio milik korban yang terletak di bawah rumah.

Bersamaan itu, kepala pekon juga langsung menghubungi Bhabinkamtibmas serta Babinsa untuk datang ke TKP beserta masyarakat setempat mencoba memadamkan api dengan alat seadanya, namun api tidak bisa dipadamkan.

“Berdasarkan pemeriksaan TKP dan keterangan saksi-saksi, penyebab terjadinya kebakaran diduga karena konsleting listrik,” jelasnya.

Ditambahkan Kapolsek, atas kejadian itu, pihaknya telah berkoordinasi antar Forkopimcam untuk bersama-sama melakukan langkah terbaik agar korban segera mendapatkan bantuan.

“Untuk sementara korban ditampung di rumah kerabatnya, menunggu perkembangan lebih lanjut,” imbuhnya.

Untuk mencegah kejadian serupa, Kapolsek mengimbau masyarakat agar selalu memperhatikan, memeriksa jalur-jalur kelistrikan oleh ahlinya sehingga diketahui apabila ada kerusakan pada jalur listrik.

“Lebih baik kita rutin memeriksa jalur-jalur listrik di rumah menggunakan tenaga ahli. Sehingga kerusakan jalur listrik dapat segera dilakukan pergantian,” imbaunya. (Cikal)