Juli 19, 2024

Sambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan, KBRC DPD Jaksel Gelar Penutupan Pengajian Rutin

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Jakarta Selatan – Keluarga Besar Rang Chaniago (KBRC), Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Jakarta Selatan. Gelar kegiatan pengajian sekaligus penutupan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini, acara digelar di gedung IK-LIMKOS, Petukangan Selatan, wilayah Kelurahan Pesanggrahan, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta. Pada hari rabu, (01/03/2023).

Kegiatan rohani yang rutin dilaksanakan di setiap bulan pada hari Rabu, Minggu ke – 4 itu akan diliburkan sementara, selama bulan suci ramadhan. Dan akan mulai di laksanakan kembali pada masa setelah lebaran Idul Fitri nanti.

Acara diawali dengan pembacaan Sholawat kepada Nabi Besar Muhammad Salallahualaihi Wassalam, yang diteruskan dengan pembacaan Ayat-ayat suci Alquran oleh Ridwan Chan, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua KBRC DPD JAKSEL, H. Syair Chan.

“Alhamdulillah, saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh keluarga besar Rang Chaniago yang hadir pada saat ini. Kami sebagai pengurus sangat bangga dan sangat antusias dalam bekerja mengurus organisasi keluarga Chaniago khususnya diwilayah Jakarta Selatan ini,” tutur H. Syair Chan.

H. Syair Chain juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para mantu yang disebut dengan istilah Sumando.

“Terimakasih kepada urang sumando (menantu) yang hadir dan sudi meluangkan waktunya apalagi yang dari luar wilayah Jakarta Selatan. Saya sangat terharu dan bangga atas kebersamaan dan kekompakan ini,” imbuhnya.

Saya bangga kepada pengurus Bundo Kanduang dalam memajukan Forum kebersamaan ini dengan cara kreatif, inovatif dan berkontribusi positif untuk menggalang silahturahmi antar sesama bundo kanduang keluarga rang Chaniago Chan.

“Semoga kedepannya akan lebih banyak lagi prestasi yang dicapai dalam kebersamaan KBRC itu. Baik untuk planing jangka pendek maupun jangka panjang. Namun semua tak lepas dari kerjasama serta kekompakan baik dari pengurus maupun anggota yang tergabung dalam wadah silahturahmi itu” pungkasnya.

Kegiatan pengajian itu juga dihadiri oleh ketua DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Mamak H. Azmi. yang menyampaikan rasa bangga sekaligus sukacitanya kepada jajaran pengurus beserta anggota organisasi KBRC Jak-Sel yang hadir pada saat itu.

” Saya datang sengaja karena rindu silahturahmi juga bertatap muka dengan saudara saya suku chaniago diperantauan. Mari jalin tali silahturahmi ini dengan kuat, saya bangga dengan kita semua. Saya berharap kedepan angkatan muda-mudi suku Chaniago bisa meneruskan kekompakan ini. Jangan lupa, kalo ada acara yang dilaksanakan oleh masyarakat Chaniago ga usah sungkan undang saya, Insya Allah saya datang,” ujar H. Azmi.

Memasuki puncak acara, Ustad Yusra S.P.D. yang diundang untuk mengisi pengajian pada acara tersebut menyampaikan. Umat islam dalam memenuhi kebutuhan rohaninya harus banyak duduk dalam majelis ilmu, mendengarkan ceramah pengajian. Karena manfaatnya sangat banyak sekali, salah satunya bisa membuat manusia bersemangat dalam melaksanakan ibadah terutama Sholat.

“Banyak Hadist yang menerangkan bahwa duduknya umat islam itu dalam suatu majelis, bisa menjadi sebab penghapus dosa kita. Salah satu cara dalam mendapatkan ampunan Allah SWT, yaitu hadir dalam mejelis-majelis ilmu,” terang Ustad Yusra, masih dengannya.

“Dalam mengerjakan Sholat, kita harus memperhatikan keabsahan sholat. Karena syarat sah itu ada diluar sholat dan rukun itu ada di dalam sholat. Kita juga harus perhatikan adanya sunnah yang dikerjakan berpahala, tidak dikerjakan ga apa-apa. Tapi kita harus lihat juga sejauh mana kita mampu dalam melaksanakan sunah itu. Jadi kita semua harus perhatikan kwualitas dan kwantitas dari ibadah kita,” jelas ustad Yusra.

Acara ditutup dengan isoma dan berphoto bersama oleh semua jajaran pengurus dan anggota, juga undangan yang hadir pada kesempatan itu. (Red)