Juli 12, 2024

Forum Potensi Tangerang Selatan Gelar Latgab Water & Vertical Rescue Se-Jabodetabek

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Tangerang Selatan – Latihan gabungan Water & Rescue SAR Potensi Tangsel yang berlangsung sejak hari Jumat 17 – 19 Februari 2023 yang bertempat di sungai Cisadane kelurahan Kranggan Tangerang Selatan telah berjalan dengan baik.

Adapun acara ini di hadiri langsung oleh tim BASARNAS di wakili oleh Rizki Dwiyanto, Vertical Rescue Indonesia di wakilkan oleh Lukman dan Polairud sekaligus pembina Forum potensi Tangsel di wakili oleh Ferry Setiawan juga Ketua Forum potensi Tangsel Dudi Bagola dimana dalam acara Latgab tersebut di ikuti kurang lebih 150 anggota se – Jabodetabek dari berbagai organisasi baik itu kelembagaan atau organisasi Relawan.

” Terimakasih banyak kepada seluruh para peserta Latgab Water & Vertical Rescue Forum potensi Tangsel yang telah mengikuti acara demi acara selama 3 hari ini yang Alhamdulillah hingga akhir acara ini berjalan dengan baik dan dalam keadaan sehat, semoga dengan adanya Latgab ini kita sama-sama bisa mendapatkan pembelajaran dan ilmu tentang simulasi penanganan korban dalam Water & Vertical Rescue ini “. Ungkap Jaya ( ketua pelaksana acara ).

Forum Potensi Tangerang Selatan merupakan salah satu wadah atau perkumpulan baik itu lembaga ataupun Organisasi kemanusiaan dan relawan yang berada di wilayah Tangerang Selatan dimana di 8 kabupaten kota yang ada di Banten, baru Tangerang Selatan lah yang sudah terbentuk dan mengadakan Latgab Water & Vertical Rescue.

Seperti yang di utarakan oleh Ketua Forum potensi Tangsel Bang Dudi Bagola “Alhamdulillah acara demi acara sudah berjalan dengan lancar dan sukses, walaupun masih banyak kekurangannya ini merupakan salah satu langkah awal yang kami lakukan bagi temen-temen para relawan yang ikut bergabung dalam Latgab Water & Vertical Rescue yang dimana kita akan terus belajar, belajar dan terus belajar. Terimakasih atas support dan dukungannya semoga kedepannya kita akan lebih baik lagi”. Ungkapnya.

Merupakan salah satu langkah awal untuk Forum potensi Tangsel dalam melakukan kegiatan Rescue ini untuk para relawan se-Jabodetabek.

Hal senada pun di ungkapkan dalam acara itu oleh Ferry Setiawan selaku Pembina Forum Potensi Tangsel ” Latihan gabungan ini merupakan salah satu bentuk kita sebagai relawan untuk bisa lebih melatih kesigapan dan keterampilan kita sebagai Rescue dalam hal pencarian dan menolong korban jiwa atau bencana sampai ke proses evakuasi korban, oleh karenanya kami mengajak rekan-rekan semua untuk terus belajar dan terus belajar untuk menjadi Tim relawan yang terampil dan tangguh “. Ujarnya.

Basarnas turut hadir di program Latgab ini dan memberikan sedikit arahan ” Kita sebagai tim Rescue, sebelum kita bergerak untuk melakukan pencarian atau pun evakuasi kita harus safety untuk diri kita sendiri dulu, salah satunya pemakaian APD, Sarung tangan minimal bahan Latex juga kelengkapan kita dalam proses evakuasi korban jangan sampai kita yang mau menolong malah kita yang jadi korban “. Ungkap Rizky.

Dalam program kegiatan ini Forum potensi Tangsel akan terus lakukan secara berkesinambungan untuk menjadikan para relawan yang handal dan siap pada saat menjalankan tugasnya. Apalagi kegiatan ini di dukung oleh para pemateri yang handal, profesional dan memiliki segudang pengalaman yang bisa diturunkan ke kawan kawan Rescue. (Irfan)