Juli 19, 2024

Bakor Agam Pemersatu Ikatan Keluarga Ke Nagarian dan Kecamatan

Spread the love

MahardhikaNews.com Jakarta, – Bupati Agam, Dr H Andri Warman kukuhkan pengurus Badan Koordinasi (Bakor) Perantau Agam, Pelantikan pengurus dan silaturahmi Nasional dewan pimpinan pusat badan koordinasi perantau Agam ini bertemakan Marang kuah Salingka Nagari Basatu Rantau Jo Ranah Mambangun Kampuang Halaman, bertempat di Institut Transportasi dan Logistik Universitas Trisakti Jakarta, Sabtu (18/2/2023).

Hadir dalam acara Ini Gubernur Sumbar diwakili Kepala Badan Penghubung Sumbar, Aschari Cahyaditama, mantan Ketua DPD RI, Irman Gusman, mantan Kapolda Maluku, Irjen Pol Refdi Andri, Analis Kebijakan Utama Kemenhub, Dr Umar Aris, mantan Bupati Agam, Aristo Munandar, Ketua DPRD Agam, Dr Novi Irwan dan Sekretaris Kota Bukittinggi, Martias Wanto.

Andri Warman mengucapkan selamat atas terpilihnya Dr Jefri sebagai ketua Bakor Agam, Terbentuknya bakor ini, diharapkannya menjadi wadah bagi seluruh organisasi perantau Agam yang ada di nusantara.

“Tahun ini akan ada pulang basamo. Jika dahulu setiap organisasi terpisah-pisah, melalui bakor ini dilakukan satu wadah,” ujarnya.

Pulang basamo ini katanya, momen bagi Pemkab Agam untuk bersinergi dengan perantau, dalam mendukung program pemerintah daerah.

“Ada berbagai program yang dilaksanakan Pemkab Agam diantaranya, peningkatan SDM seperti beasiswa dan rumah tahfiz. Tentu ini butuh dukungan semua pihak, terutama perantau agar program dapat terlaksana dengan baik,” ujar Andri Warman.

Dr. Zefri, M.Si Ketua Bakor Agam menjelaskan bahwa Bakor Agam ini mengakomodasi kegiatan kegiatan yang ada di ikatan keluarga ke Nagarian dan Kecamatan, selama ini lepas satu persatu “Nagari jalan sendiri Kecamatan jalan sendiri” ucap Jefri.

Menurutnya, saat ini perkumpulan atau ikatan perantau yang ada, hanya ada dari nagari-nagari yang tersebar di berbagai Provinsi di Indonesia, namun perkumpulan yang menaungi perantau Agam belum ada.

Dengan adanya perkumpulan ini nantinya, dapat mempermudah koordinasi dan kolaborasi serta komunikasi antar perantau dalam membangun Agam yang lebih maju,” ujar Jefri.

Dengan adanya Bakor Agam ini untuk mengkoordinir semua itu, sesuai dengan misinya saling bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mengembangkan proses pembangunan yang ada di Kabupaten Agam.

Ketua Pembina Bakor Agam Terpilih Asbul aji aswal Adam SH.M.M, (Datu Sinubalang berharap Bakor Agam ini bisa menjadi jembatan Komunikasi antara Ranah dan Rantau maka itu perlunya bekerjasama apalagi Bakor Agam ini di support penuh Oleh Bupati, Gubernur dan tokoh tokoh Agam yang ada di Jakarta.

Perkumpulan ini bertujuan sebagai wadah dalam menyatukan para perantau Agam yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia,” ujarnya.

Ketua panitia Bakor Agam Drs.H.Asmaidonal S.H, mengajak perantau Agam tokoh tokoh masyarakatnya, pengurusnya untuk bersatu mengumpulkan dana agar terlaksananya acara ini,

Makna dari tema Marang kuah Salingka Nagari Basatu Rantau Jo Ranah Mambangun Kampuang Halaman ini artinya kita merangkul nagari nagari dengan wadah Bakor ini supaya ada mediatornya yang memediasi nagari nagari untuk bersatu, bekerja sama untuk memajukan Kabupaten Agam ucap Donal.

Sekda Kab Agam Drs.H.Edi Busti, M.SI mengatakan Bakor Agam ini merakit kembali hubungan ranah dengan rantau ini adalah momen adanya transformasi informasi dari rantau ke kampung dan dari kampung ke rantau sehingga ada balance, apa yang di lakukan daerah dan apabyang belum.

Selain itu Bakor Agam ini dalam rangka membangun Agam lebih maju bukan hanya berdasar kan kekuatan yang ada di daerah tetapi juga kekuatan masyarakat yang ada di rantau Ini jauh lebih dahsyat kalau dikembangkan secara terus menerus ini salah satu strategi pak Bupati dalam rangka mempercepat pembangunan di Agam” Tutup Edi Busti. (GH)