April 12, 2024

Ziarah ke Makam Wali Allah, Mengisi Perjalanan Pengurus NU Tangsel, Menuju Acara Harlah 1 Abad NU di Sidoarjo

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Semarang – Seperti kata pepatah sambil menyelam minum susu, seperti itulah yang dilakukan oleh rombongan satu abad NU pengurus Nahdlatul Ulama Tangerang Selatan, yang dipimpin langsung oleh kyai Abdullah Mas’ud ketua Tanfidziah PCNU dalam perjalanannya menuju lokasi puncak acara 1 abad NU di Sidoarjo, Minggu (05/02).

Setelah sebelumnya mampir dan mengunjungi makam Syekh Syarif Hidayatullah atau yang terkenal dengan sebutan Sunan Gunung Jati di Hamparan Jati Kota Cirebon, kini rombongan Harlah 1 Abad NU dari Tangsel ini mampir dan “mengalap” berkah Maha Guru para Santri Nusantara, Kyai Soleh Darat atau biasa di sebut mbah Yai Soleh Darat, yang ada di Kota Semarang.

Sebagaimana diketahui bersama, Kyai Soleh Darat adalah salah satu guru dari Kyai Hasyim Ashari yang merupakan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dan juga merupakan guru dari kyai Ahmad Dahlan pendiri organisasi islam Muhammadiyah.

Dengan di pimpin oleh Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Tangsel, KH Misbah, jamaah peserta dari Tangsel ini mulai dengan khusyuk membaca Al Qur’an, dzikir dan tahlil di lokasi makam, yang di akhiri dengan pembacaan do’a oleh salah satu pengurus LDNU Tangsel KH. Muntasir.

Selesai ziarah, rombongan pun beristirahat dan bersiap kembali melanjutkan perjalanan menuju Sidoarjo, tempat puncak acara Harlah 1 Abad NU yang jatuh pada tanggal 16 Rajab 1444 atau 7 Februari 2023 yang akan di hadiri oleh para pengurus NU se – Nusantara. Namun sebelum itu, rombongan yang berjumlah satu bus ini akan mampir ke Sunan Kudus dalam rangka ziarah juga.

“Rencananya sih ke Sunan Kudus dulu ya kita ziarah lagi. Karena masih ada beberapa tempay yang akan kita singgahi sebelum.kita ke Sidoarjo” ujar Saiful salah satu peserta rombongan yang ikut dalam perjalanan ini. (Ngkong)