Mei 26, 2024

Lapas Kotaagung Ikuti Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan Jasaboga, Kadivpas: Raih Predikat Dapur Laik Higienis]

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Tanggamus Lampung – Kamis (2/2/2023), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kotaagung mengikuti sosialisasi Teknis Pemasyarakatan Tahun 2023 di Lapas Kelas IIB Kotaagung bersama UPT Lapas/ Rutan se-Lampung.

Kegiatan ini diikuti oleh Kalapas Kotaagung, Beni Nurrahman didampingi Kasi Binadik dan Giatja, Aryo Pratama Kasubsi Perawatan Napi, Yanes Hamdani serta 2 staf keperawatan. Sosialisasi ini juga melibatkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kotaagung berjumlah 5 (lima) orang sebagai peserta.

Diawali dengan sambutan oleh Kalapas Kelas IIB Gunung Sugih, Suprihadi berharap bahwa diselenggarakannya sosialisasi ini dapat menjamin pemenuhan hak para WBP berupa makanan yang lezat, bersih, bergizi, dan higienis.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Lampung, Farid Junaedi juga berikan sambutan dalam kesempatan ini. Dalam sambutannya, Ia mengatakan bahwa sosialisasi teknis kali ini difokuskan pada peningkatan kemampuan pengolahan jasaboga dalam penyelenggaraan makanan bagi WBP.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan bersertifikat Jasaboga bagi Staf Dapur dan WBP ini dapat meningkatkan pengolahan makanan yang tersaji sesuai syarat gizi baik dari mutu kualitas maupun jumlah. Dengan demikian, hal ini dapat menjadi pendukung untuk wujudkan meraih predikat ‘Dapur Laik Higienis’ pada UPT Lapas/Rutan Lampung dari dinas kesehatan setempat”, harap Farid.

Sosialisasi ini mengambil tema “Peningkatan Kualitas Makanan Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)” berupa pemaparan materi tentang Jasaboga oleh Sub Koordinator Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Agus Setyo Widodo.

Kegiatan sosialisasi ini menindaklanjuti Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung Nomor: W9-737.KP.02.03 tentang Penunjukan Peserta Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan Tahun 2023. (Hikal).