Juli 25, 2024

JakLingko Indonesia Layani Pembelian Tiket KCJB dengan Konektivitas Tiket Angkutan Umum

Spread the love

MAHARDIKAnews.com – PT JakLingko Indonesia resmi berpartisipasi menjadi salah satu mitra dalam sistem pembayaran tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Hal ini ditandai dengan prosesi penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PT JakLingko Indonesia dan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) pada Rabu siang (01/02) di Kantor PT KCIC yang berlokasi di kawasan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Penandatanganan dilakukan antara Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin dan Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi.

“Kami mengapresiasi peluang JakLingko Indonesia dapat melayani pembelian tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang terkoneksi dengan transportasi umum. Masyarakat diberikan banyak pilihan dalam pembelian tiket, dan tiket JakLingko Indonesia sebelumnya telah terintegrasi di empat moda transportasi di Jabodetabek. Harapannya, pengguna semakin mudah dalam bermobilitas dalam satu Aplikasi (dan kartu) termasuk pada armada-armada transportasi baru seperti Kereta Cepat. Kami memandang tahun 2023 ini sebagai tahun kebanggaan Transportasi Indonesia dengan akan beroperasinya Kereta Cepat Jakarta Bandung, sebagai Kereta Cepat pertama di Asia Tenggara, didukung oleh Platform Digital Mobility as a Service (MaaS) JakLingko Indonesia.” ungkap Kamal.

Saat ini aplikasi JakLingko Indonesia telah diunduh lebih dari 400 ribu pengguna dan secara aktif digunakan oleh banyak pengguna MRT Jakarta, LRT Jakarta, Transjakarta, dan juga oleh pengguna Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan pengguna Grab di Jabodetabek.

“Kami optimis dengan sinergi antara PT KCIC dengan JakLingko Indonesia, Kereta Cepat Jakarta Bandung yang merupakan proyek strategis nasional ini nantinya akan ramai oleh warga yang datang dari seluruh Jabodetabek, dan juga warga yang datang menggunakan KCJB ke Jakarta akan lebih mudah menjangkau seluruh titik di Jabodetabek melalui kerjasama ini.” tambah Kamal.

PT JakLingko Indonesia merupakan perusahaan patungan dari empat entitas transportasi yaitu PT MRT Jakarta (Perseroda), PT Jakarta Propertindo (Perseroda), PT TransJakarta, dan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ), yang bergerak di bidang sistem pembayaran antar moda transportasi dan tarif melalui metode Elektronifikasi Integrasi Pembayaran Transportasi Umum Jakarta (“EIPTJ”) beserta pengembangan di Jabodetabek dengan potensi wilayah kerja di seluruh Indonesia. PT JakLingko Indonesia sebagai pemilik sekaligus pengembang Aplikasi dan Kartu Transportasi JakLingko yang saat ini sudah digunakan untuk melakukan pembayaran tiket perjalanan multi-moda dari MRT Jakarta, Transjakarta, LRT Jakarta, dan Kereta Commuterline, serta mengimplementasikan Tarif Integrasi.