Juli 19, 2024

CapGoMeh Bogor Street Festival 2023, Mendorong Digitalisasi Ekonomi Kerakyatan

CapGoMeh Bogor Street Festival 2023 (CGM-BSF) (fhoto : Ist)

Spread the love

MAHARDIKAnews.com – Salah satu rangkaian acara CapGoMeh Bogor Street Festival 2023 (CGM-BSF) adalah bazaar yang dilangsungkan 26 Januari sampai 2 Februari 2023. Bazaar memberi ruang kepada para pelaku UMKM di Kota Bogor serta menjadi wadah penampil seni. Bazaar CGM 2023 dibuka oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto pada Kamis 26 Januari 2023. Bazaar ini diikuti 32 tenant dan berlokasi di pelataran parker Vihara Dhanagun.

Ketua Panitia CGM-BSF 2023 Arifin Himawan yang biasa disapa dengan ‘Ahim’ menjelaskan dalam sambutannya, “dalam bazaar ini, panitia bekerja sama dengan Bank BJB dan Grab Indonesia dalam mendorong digitalisasi UMKM.”

Menurut Pimpinan Cabang Bank BJB Kota Bogor, Muhammad Aditya Wiradharma yang juga hadir pada acara pembukaan, menyampaikan bahwa kehadiran Bank BJB pada kegiatan ini untuk mengedukasi UMKM dalam hal digitalisasi pembayaran. UMKM tak melulu harus menerima pembayaran secara tunai tetapi juga nontunai. Untuk itu, BJB memfasilitasi untuk pembukaan rekening tanpa setoran awal dan memfasilitasi pendaftaran Qris.

“Dengan memiliki rekening dan pencatatan keuangan, UMKM menjadi ankable. Kedepannya, UMKM bisa mengakses kredit baik melalui program KUR atau program BJB Mesra,” tutur pria yang biasa di sapa Adit tersebut.

Selain itu, Grab akan hadir untuk memfasilitasi UMKM supaya lebih mudah terhubung dengan konsumen secara daring. Dengan demikian memperluas akses ke konsumen.

Pengunjung bazaar, menurut Inge, Koordinator Bazaar CGM 2023, juga bisa membeli sembako murah, selain produk-produk UMKM lainnya. Beberapa UMKM yang hadir dalam bazaar antara lain kolaborasi Karunia Baru-Danabrata, Pawon Ma’e, Dapur Mamoz, dan Bunga Estetik Klinik.

Karunia Baru dan Danabrata menyediakan makanan, minuman, kudapan, dan bumbu-bumbu vegetarian. Pawon Ma’e membawa produk kripiknya, demikian pula Dapur Mamoz.

Adapun Bunga Estetik Klinik akan menghadirkan produk-produk perawatan kulit seperti pelembab, sabun, dan toner penumbuh rambut berbahan alami. Salah satu tenaga medis Bunga Estetik Klinik – Tri Mulyati mengatakan, pada bazaar terdapat layanan konsultasi gratis untuk analisa kulit baik jenis dan keluhan.

Yang menarik pada Bazaar CGM kali ini adalah kehadiran kerajinan tangan khas Sunda dari bahan bambu oleh Nu’Kieu dan lainnya yang didukung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor. Beberapa produk berjenama seperti Madu Nusantara, Fresh Care, Kopi Oplet, Indofood, juga hadir dalam Bazaar CGM.

Tak hanya produk UMKM

Sepanjang bazaar 26 Januari – 2 Februari, terdapat beragam acara di samping bazaar.

“Sesuai tema, ini pesta rakyat, Ajang Budaya Pemersatu Bangsa, kegiatannya banyak dan mendorong seni budaya dan tradisi,” tambah Inge.

Beberapa acara lainnya antara lain lomba mewarnai tingkat PAUD dan Sekolah Dasar, lomba memasak, lomba modern dance, lomba fashion show Mojang Jajaka, dan pameran kerajianan tangan khas kasundaan. Penampilan seni juga seperti barongsai dan liong, Tari Merak, Sunda Tatalu, Ibing Pencak Silat, Angklung Bogor, dan Bajidor.

Kegiatan sosial berupa kunjungan ke panti Wreda Hana dan menyediakan kacamata gratis khusus lansia serta acara Hari Bakti membasuh kaki orang tua, juga menjadi bagian dari rangkaian Bazaar CGM 2023 ini.

Saat Event

UMKM juga akan mendapatkan ruang di event GGM-BSF 2023 pada 5 Februari. Dengan dukungan Bank BJB dan Grab Indonesia sekitar 80 UMKM akan menempati 40 tenda berukuran 3×3 meter persegi di sekitar lokasi pawai sepanjang Jalan Suryakencana hingga Jalan Siliwangi, Kota Bogor.

“Tenda-tenda ini nantinya hanya untuk UMKM Kota Bogor dan bukan untuk perusahaan komersil. Disiapkan tenda supaya lebih tertib dan rapi, terkonsentrasi agar memudahkan baik untuk pengunjung maupun bagi UMKM itu sendiri mendapat konsumen, bagi 80 UMKM terpilih akan menempati tenda dan fasilitasnya secara gratis,” tutur Sekretaris Panitia CGM-BSF 2023, Yandi.

Selanjutnya, bagi perusahaan yang ingin melakukan penjualan atau eksebisi pada saat acara puncak CGM-BSF dikenakan biaya sebagai subsidi silang untuk membantu memfasilitasi 80 UMKM yang berjualan dengan tidak dipungut tadi, jelasnya.

Sebagai kontribusi lainnya, Grab Indonesia juga akan memberikan kode promo khusus GRABCAPGOMEH untuk pengunjung yang ingin menikmati acara CapGoMeh Bogor Street Festival 2023 pada 5 Februari nanti, sebagai bagian dari upaya mengurangi kepadatan lalulintas, terutama solusi atas kesulitan mencari area parkir yang dekat dengan lokasi acara. Pengantaran ke titik-titik tertentu disiapkan khusus, terutama untuk pengunjung yang akan kembali ke rumah masing-masing pada malam harinya.