Mei 26, 2024

Kasad Pimpin Sertijab dan Distribusikan Kendaraan Kawal Pomad

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman menerima penyerahan jabatan Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat dari Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc, serta memimpin serah terima jabatan (Sertijab) enam Jabatan Strategis di lingkungan TNI Angkatan Darat di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Senin (30/1/2023).

Serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Darat ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/48/I/2023 tanggal 16 Januari 2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Enam jabatan yang diserahterimakan terdiri dari jabatan Koordinator Staf Ahli Kasad (Koorsahli Kasad) dari Letjen TNI Afini Boer kepada Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., yang sekaligus menyerahkan jabatan Komandan Komando Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad) kepada Letjen TNI Arif Rahman, M.A., dan selanjutnya jabatan Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Danpussenif) yang sebelumnya dijabat Letjen TNI Arif Rahman, M.A., diserahterimakan kepada Mayjen TNI Dr. Anton Nugroho, M.M.D.S.

Selanjutnya, jabatan Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) juga diserahterimakan dari Mayjen TNI Dr. Anton Nugroho, M.M.D.S. kepada Brigjen TNI Ketut Duara, S.E., M.Tr (Han). Jabatan Direktur Keuangan TNI Angkatan Darat (Dirkuad) dari Brigjen TNI Garanta Singkali, S.E., CFrA kepada Kolonel Cku Ari Yulistiyo, S.E., dan jabatan Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat (Kadispsiad) dari Brigjen TNI Drs. Tagar Pujasembada, M.Psi. kepada Kolonel Inf Heny Setyono, S.Psi., M.Si.

Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc. memasuki masa purna bakti, dan akan menduduki jabatan sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Selain Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, dua Pati lainnya yang memasuki masa purna bakti, yaitu Letjen TNI Afini Boer dan Brigjen TNI Garanta Singkali, S.E., CFrA.

Kasad, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, dalam sambutannya menyampaikan, seorang prajurit tidak akan pernah mengakhiri pengabdiannya, tetapi akan terus berlangsung selama hayat di kandung badan, dan itu bisa diaktualisasikan di luar bidang kemiliteran, karena masyarakat dan Bangsa Indonesia masih menunggu karya-karya dan gagasan-gagasan dari para purnawirawan yang sudah dipastikan kaya akan pengalaman dan pengetahuan.

Dalam kesempatan tersebut, Kasad berpesan kepada para pejabat baru yang melaksanakan serah terima dan menduduki jabatan baru untuk menjalankan tugas dan kepercayaan serta amanah yang diberikan Pimpinan TNI. Serta memberikan masukan-masukan positif kepada Pimpinan Angkatan Darat dalam mengambil suatu kebijakan.

Seusai serah terima jabatan, Kasad secara simbolik menyerahkan perkuatan kendaraan kawal baru jenis Sport Utility Vehicle (SUV) Mitsubishi Pajero Sport dan sepeda motor Kawasaki Concourse 1400 CC hasil pengadaan Kementerian Pertahanan, yang diterima Wadan Puspomad Brigjen TNI Eka Wijaya Permana.

Kasad mengatakan kendaraan kawal baru milik Polisi Militer Angkatan Darat ini akan didistribusikan ke seluruh satuan Polisi Militer yang ada di wilayah Indonesia baik kendaraan kawal jenis SUV maupun sepeda motor. Kasad berharap, kendaraan yang didistribusikan kepada satuan jajaran polisi Militer Angkatan Darat dapat digunakan sesuai fungsinya dalam mendukung pelaksanaan tugas satuan Polisi Militer Angkatan Darat di seluruh Indonesia.

Seluruh kendaraan yang didistribusikan sejumlah 83 unit kendaraan kawal SUV Mitsubishi Pajero Sport terdiri dari 76 unit SUV Pajero Sport 4×4 dan 7 unit SUV Pajero Sport 4×2 serta 58 unit sepeda motor kawal Kawasaki Concourse 1400 CC.