April 13, 2024

Camat Cisoka Lakukan Pembinaan Pembauran Kebangsaan

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com Kabupaten Tangerang – Dalam upaya mewadahi informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antar warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan, pemerintah Kecamatan Cisoka melakukan pembinaan dan pembentukan forum pembauran kebangsaan ( FPK) Kecamatan Cisoka pada hari Kamis ( 26/01/2023) di aula gedung bersama keagamaan Kecamatan Cisoka.

Pembinaan dan pembentukan FPK Kecamatan Cisoka dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan ( Forkopimcam), unsur Kantor Urusan Agama ( KUA), perangkat Desa se-Kecamatan Cisoka, ketua Majelis Ulama Indonesia ( MUI), pemuka-pemuka agama yang ada di Kecamatan Cisoka, dan perwakilan suku/etnis yang ada di wilayah Kecamatan Cisoka, serta unsur lainnya. Hadir pula wakil ketua FPK Kabupaten Tangerang, H.Yayan Mulyana sebagai nara sumber.

Camat Cisoka, Encep Sahayat mengatakan bahws pihaknya memiliki tugas dan kewajiban membina dan memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat terhadap timbulnya ancaman keutuhan bangsa di Kecamatan Cisoka, menumbuhkembangkan keharmonisan, saling pengertian, saling menghormati dan saling percaya di antara anggota masyarakat dari berbagai ras, suku dan etnis, mengoordinasikan kepala desa dalam penyelenggaraan pembauran kebangsaan, juga mengoordinasikan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku dan masyarakat di wilayah Kecamatan Cisoka.

“Pembinaan pembauran kebangsaan sebagai upaya yang kami lakukan bersama dengan masyarakat untuk terciptanya iklim yang kondusif yang memungkinkan adanya perubahan sikap agar menerima kemajemukan,” ujar Camat Cisoka.

Dalam kesempatan tersebut juga dibentuk kepengurusan FPK Kecamatan Cisoka. Di mufakati sebagai ketua FPK adalah Jamaludin dari perwakilan suku/etnis Sunda, Ari A.Basori sebagai wakil ketua dari perwakilan suku/etnis Jawa dan Wahyudin Otong sebagai sekretaris dari perwakilan suku/etnis Betawi. (ed )