April 12, 2024

Menelusuri Perjalanan Terbentuknya Gabungan Wartawan Tangerang (GAWAT

Spread the love

MAHARDHIKAnews.com KOTA TANGERANG,- Awal terbentuknya Gabungan Wartawan Tangerang (GAWAT) merupakan atas inisiator para Jurnalis dari berbagi media yang berkumpul, berdiskusi dan mengeluarkan pendapat yang pada akhirnya sepakat untuk membentuk suatu Komunitas Wartawan yang mencakup wilayah Tangerang Raya meliputi Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang, termasuk wilayah provinsi Banten.

Para inisiator atau penggagas Gabungan Wartawan Tangerang adalah Supriyanta atau lebih dikenal dengan panggilan Yanto yang pernah menjabat sebagai Sekretaris PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kota Tangerang, Syamsul Bahri, Dedy Rahman, Alm. Jatmiko dan Juniardi.

Gabungan Wartawan Tangerang atau lebih dikenal dengan GAWAT merupakan nama yang digagas dan dicetus oleh Yanto yang pada akhirnya menjadi Icon dan Kebanggaan bagi Jurnalis yang tergabung didalamnya.

GAWAT adalah suatu Komunitas yang Independent dan Merakyat sebagai wadah para Jurnalis dari berbagai media, agar saling mengenal satu sama lain didunia Kemediaan dan Kewartawanan. Dan ini juga mempermudah komunikasi serta mempersatukan kekompakan antar Wartawan.

Jurnalis juga sebagai kontrol sosial di masyarakat berkewajiban mengedukasi masyarakat yang berpegang pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999, Tentang Pers dan bekerja sesuai Kode Etik Jurnalis serta Memperjuangkan Kemerdekaan Pers yang Mutlak.

Atas dasar Kebersamaan serta Visi Misi yang sejalan pada akhirnya digelar Deklarasi sekaligus Pengukuhan Pengurus Gabungan Wartawan Tangerang (GAWAT) Periode 2022-2025 yang diselenggarakan di RM. Abah Cianjur, Sepatan, Kabupaten Tangerang, pada Kamis, 17 November 2022 lalu.

Deklarasi dan Pengukuhan Pengurus yang dihadiri dan disaksikan sekitar 50 wartawan baik media online dan cetak, serta para tamu undangan, pada akhirnya terpilih Yanto secara aklamasi sebagai Ketua Gabungan Wartawan Tangerang (GAWAT).

Kehadiran forum wartawan ini (GAWAT) bukan semata hanya wadah berkumpul, namun yang terpenting adalah sebagai Advokasi serta saling Mendukung menciptakan Media yang Sehat.

Berikut Pengurus Gabungan Wartawan Tangerang (GAWAT) Periode 2022-2025:

* Penasehat : Syamsul Bahri
* Ketua : Supriyanta (Yanto)
* Wakil Ketua : M. Taufik
* Sekretaris : Dedy Rahman
* Wak. Sekretaris : Hadi Cahyono
* Bendahara: Anton Umbara
* Humas : Juni Ardi

(Jun/rls)